Kamis, 25 Maret 2010

Hemosiderosis Pulmoner Idiopatik

DEFINISI
Hemosiderosis Pulmoner Idiopatik (adanya zat besi di dalam paru-paru) adalah penyakit yang jarang terjadi tetapi sering berakibat fatal, dimana darah dari kapiler masuk ke dalam paru-paru.


PENYEBAB
Penyebabnya tidak diketahui. Penyakit ini terutama menyerang anak-anak, tapi juga dapat mengenai orang dewasa. Sebagian darah yang masuk ke paru-paru akan dibersihkan oleh sel pembersih di dalam paru-paru. Hasil penguraian darah akan mengiritasi paru-paru sehingga terbentuk jaringan parut.


GEJALA
Gejala utama adalah batuk darah (hemoptisis). Frekuensi dan beratnya tergantung kepada seberapa sering kapiler bocor dan darahnya masuk ke dalam paru-paru. Setelah paru-paru menjadi jaringan parut, timbullah sesak nafas. Kehilangan banyak darah bisa memicu terjadinya anemia, sedangkan perdarahan yang hebat akan menyebabkan kematian.


DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejalanya.


PENGOBATAN
Corticosteroid dan obat sitotoksik seperti azathioprine diberikan untuk membantu mengurangi peradangan. Jika terjadi kehilangan banyak darah, mungkin perlu dilakukan transfusi. Untuk mengatasi rendahnya kadar oksigen dalam darah, diberikan terapi oksigen.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar