Jumat, 26 Maret 2010

Perawakan Pendek

DEFINISI
Perawakan pendek adalah tinggi di bawah normal untuk anak seusianya (berdasarkan grafik standar untuk umur dan tinggi badan). Kelenjar di bawah otak mengatur jumlah hormon pertumbuhan yang diproduksi, dimana faktor penting dalam menentukan tinggi seseorang. Jika kelenjar pituarity menghasilkan sedikit hormon pertumbuhan, pertumbuhan lambat tidak normal dan perawakan pendek dengan proporsi yang normal (pituarity mengerdil) bisa dihasilkan.

Kebanyakan anak pendek, bagaimanapun juga, memiliki kelenjar pituarity dengan fungsi yang normal dan pendek karena dorongan pertumbuhan mereka terlambat atau orangtua mereka relatif pendek. Penyakit kronis yang mempengaruhi jantung, paru-paru, ginjal, atau usus bisa juga menghasilkan perawakan pendek. Ketidaknormalan pada tulang juga bisa mengarah kepada perawakan yang sangat pendek.


PENGOBATAN
Pituarity mengerdil diobati dengan hormon pertumbuhan. Hormon pertumbuhan juga kadangkala digunakan untuk meningkatkan tinggi badan pada anak yang berperawakan pendek namun kelenjar pituarity berfungsi secara normal, tetapi penggunaan ini kontroversial. Beberapa orangtua berpikir bahwa perawakan pendek adalah sebuah gangguan, namun kebanyakan para dokter tidak menyetujui penggunaan hormon pertumbuhan pada anak ini. Dengan mengabaikan penyebab perawakan pendek, hormon pituarity efektif hanya jika digunakan sebelum piring pertumbuhan pada pada tulang panjang tidak aktif. Sinar X bisa membantu menentukan apakah piring pertumbuhan tidak aktif.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar