Kamis, 25 Maret 2010

Radang Paru Perokok (Desquamative Interstitial Pneumonia)

DEFINISI
Desquamative interstitial pneumonia adalah peradangan paru-paru kronis yang terjadi pada perokok atau mantan perokok.


PENYEBAB
Meskipun kata ‘pneumonia’ digunakan, tidak terdapat bukti bahwa infeksi menyebabkan peradangan pada Desquamative interstitial pneumonia.


GEJALA
Kondisi ini mempengaruhi perokok di usia 30 dan 40-an, dengan kebanyakan orang menyebabkan sesak nafas bahkan dengan sedikit gerakan.


DIAGNOSA
Diagnosa Desquamative interstitial pneumonia dengan X-ray dada menunjukkan sedikit perubahan hebat daripada di idiopathic paru-paru fibrosis dan mungkin tidak memperlihatkan perubahan hingga 10% dari penderita. Tes fungsi paru-paru menunjukkan kemunduran pada banyaknya udara yanga ada di paru-paru di akhir usaha orang yang paling kuat untuk menarik nafas (maksimal inspirasi). Jumlah oksigen di sampel darah rendah.

Biopsy paru-paru seringkali diperlukan untuk memastikan diagnosa dan biasanya memperlihatkan pola khusus pada penyebaran dan peradangan paru-paru seragam. Fitur yang paling membentuk adalah kehadiran jumlah macrophages (sel yang membersihkan alveoli pada partikel dan bakteri yang terhisap) di dalam kebanyakan saluran pernafasan terkecil (bronchioles) dan alveoli.


PENGOBATAN
Sekitar 70% orang yang mengalami desquamative interstitial pneumonia bertahan hidup untuk 10 tahun atau lebih, reaksi tersebut bahkan lebih baik ketika orang tersebut berhenti merokok dan menjalani pengobatan Desquamative interstitial pneumonia dengan menggunakan kortikosteroid.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar