Selasa, 16 Maret 2010

Sakit Kepala Tension

DEFINISI
Sakit Kepala Tension disebabkan oleh ketegangan otot di leher, bahu, dan kepala.


PENYEBAB
Ketegangan otot bisa disebabkan oleh posisi tubuh yang kurang enak, stres sosial, atau psikis dan kelelahan.


GEJALA
Sakit kepala tension biasanya dimulai pada pagi hari atau menjelang sore hari dan memburuk sepanjang hari. Nyeri agak hebat yang menetap seringkali dirasakan di atas mata atau di kepala bagian belakang; suatu perasaan dimana kepala seperti terikat oleh tali yang disertai dengan rasa nyeri. Nyeri bisa menyebar ke seluruh kepala dan kadang sampai ke leher bagian belakang dan bahu.


DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik. Dilakukan pemeriksaan untuk menyingkirkan kelainan fisik dan penilaian faktor psikis serta kepribadian.


PENGOBATAN
Jika sakit kepala mulai dirasakan, lakukanlah pemijatan pada otot-otot leher, bahu, dan kepala; berbaring dan rileks selama beberapa menit. Obat pereda nyeri yang dijual bebas (misalnya Aspirin, asetaminofen atau ibuprofen) bisa diberikan untuk mengurangi gejala. Sakit kepala yang lebih hebat mungkin memerlukan obat pereda nyeri yang lebih kuat.

Pada beberapa penderita, kafein bisa menambah efek obat pereda nyeri, tetapi terlalu banyak kafein juga bisa menyebabkan sakit kepala. Sakit kepala yang disebabkan oleh stres atau depresi menahun, tidak akan menunjukkan perbaikan jika hanya diobati dengan obat pereda nyeri. Penderita juga memerlukan bantuan profesional untuk membantu mengatasi masalah psikisnya.


PENCEGAHAN
Sakit kepala tension seringkali dapat dicegah atau dikendalikan dengan cara menghindari atau memahami dan menyesuaikan diri dengan stres sebagai penyebabnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar