Jumat, 02 April 2010

Nefritis Tubulointerstisialis Kronis

DEFINISI
Nefritis Tubulointerstisialis Kronis adalah setiap penyakit ginjal menahun, dimana kerusakan tubulus renalis atau jaringan di sekitarnya lebih penting dibandingkan kerusakan glomeruli atau pembuluh darah. Sepertiga dari kasus gagal ginjal merupakan akibat dari nefritis tubulointerstisialis kronis.


PENYEBAB
20% kasus nefritis tubulointerstisialis kronis terjadi akibat pemakaian obat atau keracunan jangka panjang. Sisanya timbul bersamaan dengan penyakit lainnya.


GEJALA
Biasanya tidak ditemukan edema (pembengkakan jaringan) akibat penimbunan cairan. Jumlah protein yang hilang melalui air kemih hanya sedikit dan dalam air kemih tidak ditemukan darah. Pada stadium awal penyakit, tekanan darah normal atau sedikit meningkat. Jika ditemukan sejumlah besar protein atau darah dalam urin, maka biasanya terdapat penyakit glomeruler.

Jika tubulus renalis tidak berfungsi secara normal, maka gejalanya menyerupai nefritis tubulointerstisialis akut. Pada beberapa jenis nefritis tubulointerstisialis kronis bisa terbentuk batu ginjal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar