Selasa, 13 April 2010

Plag (Black Death)

DEFINISI
Plag (Black Death) adalah suatu infeksi berat yang disebabkan bakteri Yersinia pestis. Infeksi ditularkan dari binatang kepada manusia melalui kutu. Infeksi dari orang ke orang ditularkan melalui batuk atau bersin. Penularan dari binatang peliharaan, terutama kucing, juga bisa terjadi melalui gigitan kutu atau karena menghirup kuman yang terkandung di dalam partikel debu.

gigitan kutu (fleabite plague)


PENYEBAB
Bakteri Yersinia pestis. Bakteri ini terutama menginfeksi binatang pengerat, seperti tikus besar, mencit, bajing dan anjing padang rumput.


GEJALA
Ada beberapa bentuk plag, dan gejala-gejalanya tergantung dari bentuk plagnya:
  1. Plag Bubonik
    Gejala biasanya muncul dalam 2-5 hari setelah terinfeksi, tetapi bisa timbul kapan saja mulai dari beberapa jam sampai 12 hari kemudian. Penderita tiba-tiba menggigil dengan demam sampai 41o Celsius. Denyut jantung menjadi cepat dan lemah, tekanan darah bisa turun. Kelenjar getah bening yang membesar terjadi bersamaan atau tidak lama kemudian setelah demam. Pembesaran kelenjar getah bening teraba lunak, tegas dan jaringan di sekelilingnya membengkak. Kulit di atasnya lembut dan merah, tetapi tidak hangat. Penderita biasanya gelisah, mengigau, bingung dan gerakannya tidak terkoordinasi.

    Limpa dan hati membesar dan teraba dengan mudah pada pemeriksaan fisik oleh dokter. Kelenjar getah bening bisa terisi nanah dan akan mengering selama minggu kedua. Kematian terjadi pada lebih dari 60% penderita yang tidak diobati dan biasanya terjadi pada hari ketiga sampai hari kelima.

  2. Plag Pneumonik
    Merupakan infeksi paru-paru oleh bakteri plag. Gejalanya muncul setelah 2-3 hari terinfeksi, berupa demam tinggi, menggigil, denyut jantung yang cepat dan sakit kepala hebat. Batuk timbul dalam 24 jam. Pada awalnya dahak tampak jernih, tetapi dengan cepat akan terbentuk noda-noda darah dan akhirnya dahak berwarna merah muda atau merah terang (seperti sirup rasberi) dan berbusa. Biasanya pernafasan menjadi cepat dan dangkal. Bila tidak diobati, penderita akan meninggal dalam waktu 48 jam setelah gejala awal muncul.

  3. Plag Septikemik
    Merupakan suatu infeksi dimana plag bubonik menyebar masuk ke dalam darah. Bisa menyebabkan kematian, bahkan sebelum gejala lain dari plag bubonik atau plag pneumonik muncul.

  4. Minor Pestis
    Merupakan bentuk plag yang ringan, yang biasanya terjadi hanya di daerah dimana penyakit ini merupakan endemis. Gejalanya berupa pembengkakan kelenjar getah bening, demam, sakit kepala dan kelelahan, biasanya hilang dalam waktu seminggu.

DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan hasil pembiakan bakteri dari contoh darah, dahak atau kelenjar getah bening.


PENGOBATAN
Banyak antibiotik yang efektif untuk penyakit ini. Pengobatan harus dilakukan segera. Pada plag septikemik atau plag pneumonik, pengobatan harus dimulai dalam 24 jam. Pengobatan yang tepat mengurangi angka kematian sampai kurang dari 5%. Penderita plag pneumonik harus diisolasi.


PENCEGAHAN
Untuk mencegah penyakit ini, dilakukan pengawasan terhadap binatang pengerat dan pemakaian obat pembasmi kutu. Vaksinasi tidak perlu diberikan kepada orang-orang yang melakukan perjalanan ke daerah dimana penyakit ini dilaporkan pernah terjadi. Orang-orang yang sering bepergian dan beresiko terpapar oleh bakteri ini, bisa diberi tetrasiklin sebagai tindakan pencegahan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar