Kamis, 22 April 2010

Serous Otitis Media Pada Anak

DEFINISI
Serous otitis media adalah penumpukan cairan di belakang gendang telinga.


PENYEBAB
Serous otitis media sering terjadi setelah otitis media akut. Cairan yang telah menumpuk di belakang gendang telinga selama infeksi akut tetap ada setelah infeksi tersebut terpecahkan. Serous otitis media bisa juga terjadi tanpa didahului infeksi, dan kemungkinan disebabkan penyakit gastroesophageal reflux atau penyumbatan pada pipa pembuluh karena infeksi atau pembesaran adenoid. Serous otitis media sangat umum pada anak berusia antara 3 bulan dan 3 tahun.


GEJALA
Meskipun serous otitis media tidak terasa sakit, cairan tersebut bisa mempengaruhi pendengaran, memahami ucapan, pembentukan bahasa, belajar, dan tingkah laku.


DIAGNOSA
Dokter mendiagnosa serous otitis media dengan melihat perubahan warna dan penampilan pada gendang telinga dan dengan menekankan udara ke dalam telinga untuk melihat ke alam telinga untuk melihat apakah gendang telinga tersebut berubah. Jika gendang telinga tidak berubah tetapi tidak terdapat kemerahan atau tonjolan dan anak tersebut mengalami beberapa gejala, kemudian serous otitis media adalah mungkin terjadi.


PENGOBATAN
Serous otitis media seringkali tidak bertambah baik ketika diobati dengan antibiotik atau obat-obatan lain, seperti dekongestan, antihistamin, atau semprotan hidung. Keadaan tersebut seringkali sembuh dengan sendirinya setelah beberapa minggu atau bulan.

Jika keadaan tersebut berlangsung lama tanpa kemajuan setelah 3 bulan, operasi bisa membantu. Di Amerika Serikat, dokter melakukan myringotomy, dimana mereka membuat celah kecil pada gendang telinga, mengangkat cairan, dan memasukkan pipa ventilasi kecil(tympanostomy) pada celah untuk membuat pengeringan dari bagian tengah menuju luar telinga. Beberapa dokter bisa melakukan myringotomy untuk mengangkat cairan tetapi tidak memasukkan pipa ventilasi; prosedur ini disebut tympanocentesis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar