Selasa, 13 April 2010

Tip Makan/Diet Sehat 2: Tidak Berlebihan adalah Kunci

Orang sering berpikir mengenai makan yang sehat sebagai satu keseluruhan atau tanpa rencana atau landasan apapun, tapi landasan utama dalam diet sehat adalah moderasi/moderation/kesederhanaan/tidak berlebihan. Meskipun ada ragam, mode, panutan diet tertentu yang bisa Anda percaya, pada prinsipnya kita semua membutuhkan keseimbangan dalam asupan karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral untuk mempertahankan tubuh yang sehat.

Cobalah tidak untuk berpikir tentang makanan tertentu ketika dalam batas terlarang ("off limits")

Ketika anda melarang/mencegah makanan tertentu atau kelompok makanan tertentu, hal ini adalah reaksi Wajar menginginkan lebih banyak makanan tersebut (yang anda pikirkan), dan kemudian perasaan seperti suatu kegagalan (failure) apabila anda menyerah pada godaan/bujukan tersebut.

Jika Anda tertarik dengan makanan yang manis-manis, asin atau makanan yang tidak sehat, mulailah dengan mengurangi ukuran porsi dan tidak memakannya sesering mungkin. Kemudian Anda mungkin akan menemukan keinginan dalam diri anda pada hal-hal tersebut diatas menjadi berkurang atau berpikir bahwa makanan tersebut sebagai kesenangan/kegemaran yang kadang-kadang anda lakukan (occasional indulgensia).

Pikirkan porsi yang lebih kecil.

Ukuran Porsi/hidangan makanan baru-baru ini menggembung, terutama pada restoran. Ketika kita makan diluar, pilihlah makanan pembuka/pengantar bukan makanan hidangan utama, berbagi hidangan/makanan dengan teman-teman dan tidak memesan apa saja yang berukuran super (supersized).

Ketika anda di rumah, gunakan piring yang lebih kecil, pikirkan tentang porsi/ukuran makanan dalam porsi aturan yang realistis dan mulailah dari porsi kecil. isyarat Visual dapat membantu anda dalam mengukur porsi makanan - misalnya porsi/ukuran daging, ikan atau ayam sebaiknya berukuran sebesar sebungkus kartu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar