Jumat, 20 Agustus 2010

20 Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Pria

20 Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Pria
Banyak faktor penting untuk memiliki tubuh sehat khususnya bagi pria, salah satunya adalah makanan. Untuk membentuk tubuh sehat seperti yang anda inginkan (tubuh langsing dan otot kekar, otak cerdas, dan libido yang terus menyala), anda harus memperhitungkan setiap makanan yang anda makan setiap hari. Makanan harus sehat dan memenuhi nutrisi dan gizi yang tubuh anda butuhkan.

Berikut adalah makanan kesehatan pria terbaik, yang dirangkum dari jajak pendapat 40 ahli gizi dunia :

Dada Kalkun
Anjuran : 3 porsi per minggu (3 ons per porsi = 72 kalori)

Daging kalkun tanpa kulit mengandung 7 gram protein per ons, yang baik untuk pembentukan otot. Selain itu daging kalkun juga memiliki kadar tinggi vitamin B, zinc (meningkatkan produksi sperma), dan selenium (anti kanker). Menurut ahli gizi Elizabeth Ward, daging kalkun merupakan daging pilihan terbaik karena hampir tidak mengandung lemak jenuh.

Minyak Zaitun
Anjuran : 2 sendok makan per hari (119 kalori per sendok makan)

Minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh yang baik sebagai makanan ideal untuk kesehatan jantung. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa menggantikan dua sendok makan lemak jenuh (banyak ditemukan di mentega dan lemak babi) dengan lemak tak jenuh tunggal dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Tapi itu bukan satu-satunya alasan untuk mengkonsumsi minyak zaitun. Sebuah penelitian dalam laporan Nature Journal bahwa minyak zaitun juga memiliki sifat anti-inflamasi kuat, yang berarti dapat membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak seperti ibuprofen.

Biji Kinoa
Anjuran : 3 porsi per minggu (1/2 cangkir per porsi = 318 kalori)

Mungkin anda tidak pernah mendengar jenis makanan ini, namun saat ini di Indonesia sudah banyak yang menjual biji kinoa. Biji kinoa atau quinoa adalah biji-bijian yang tumbuh di daerah Pegunungan Andes di Amerika Selatan. Menurut Christopher Mohr, profesor nutrisi di University of Louisville, biji kinoa memiliki kandungan protein lebih tinggi dari biji-bijian yang lain. Selain itu biji kinoa merupakan sumber serat, vitamin B, dan dosis besar lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung.

Kacang Hitam
Anjuran : 2 cangkir per minggu (227 kalori per cangkir)

Kacang hitam memiliki kandungan nutrisi yang bisa memberikan energi paling lama dari semua jenis makanan. Karena selain mengandung serat tinggi, kacang hitam mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memberikan energi pada tubuh lebih lama. Sama seperti daging, kacang hitam juga memiliki kandungan protein tinggi. Tapi tidak seperti daging, kacang hitam tidak mengandung lemak jenuh. Menurut ahli gizi dari Chicago, Jennifer R. Bathgate, semua jenis kacang memiliki kandungan gizi yang tinggi, tetapi kacang hitam yang terbaik.

Teh Hijau
Anjuran : 1-3 cangkir per hari (2 kalori per cangkir)

Selain telah terbukti sebagai pencegahan penyakit kanker, menurunkan berat badan, hingga memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer, teh hijau telah terbukti membantu dalam proses penyembuhan banyak penyakit berat. Baik disajikan dalam bentuk hangat ataupun dingin, tidak ada jenis minuman lain yang lebih baik dari teh hijau.

Telur
Anjuran : 1 butir per hari (74 kalori per butir)

Satu butir telur mengandung 4 gram asam amino yang berguna untuk pembentukan otot tubuh. Selain itu telur juga mengandung kolin yang berguna untuk meningkatkan memori otak.

Susu
Anjuran : 3 cangkir per hari (118 kalori per cangkir)

Kita tahu bahwa susu sangat baik bagi kesehatan tubuh, karena banyak kandungan gizi yang terdapat pada susu. Tetapi karena jumlah kalori yang termasuk tinggi, bagi seseorang yang ingin memiliki tubuh ramping sebaiknya minum susu tidak berlebih. Menurut Michael Zemel, direktur Nutrition Institute - University of Tennessee, ada komponen dalam susu yang membantu sistem tubuh membakar lemak dan memperlambat penyimpanan lemak dalam tubuh.

Air
Anjuran : 8 gelas per hari (0 kalori)

Banyak manfaat bagi kesehatan tubuh yang diperoleh dari mengkonsumsi air, diantaranya membuang racun dari tubuh, mengatur suhu tubuh, bertindak sebagai insulator untuk sendi, mencegah batu ginjal, dan membantu mineral penting. Selain itu, minum segelas air 1 jam sebelum makan bisa menurunkan rasa lapar, sehingga berguna untuk menghindari obesitas.

Ubi Jalar
Anjuran : 1 potong per minggu (sebesar kentang = 100 kalori)

Sejumlah 4 ons ubi jalar mengandung lebih dari 100% dari pasokan harian beta karoten, zat besi, dan vitamin C dan E. Nutrisi tersebut bekerja sama untuk melindungi tubuh dari dari semua jenis kerusakan sel, terutama pada atlet yang bersaing di lingkungan yang ekstrim (seperti ketinggian, panas, dingin, atau polusi). Menurut ahli gizi olahraga di California, Kim Mueller, ubi jalar juga salah satu makanan yang terbaik untuk pemulihan otot setelah latihan keras.

Kedelai
Anjuran : 2 cangkir per minggu (300 kalori per cangkir)

Menurut ahli diet dari Virginia Beach, Wendy Jo Peterson, kedelai memiliki protein daging, serat dari gandum, dan antioksidan, vitamin, dan mineral dari sayuran dan buah-buahan terbaik.

Daging Sapi
Anjuran : 4 porsi per minggu (3 ons per porsi = 163 kalori)

Bukan hanya mengandung banyak asam amino yang baik untuk pertumbuhan otot, daging sapi juga sumber zat besi dan seng yang membantu kesehatan peredaran darah. Bahkan, daging sapi sangat padat nutrisi memenuhi pasokan lebih dari 10% dari asupan sejumlah nutrisi yang direkomendasikan harian, termasuk protein, B6 dan B12, selenium, fosfor, niacin, dan riboflavin. Memang daging sapi memiliki kadar lemak yang tinggi, tetapi menurut data USDA, daging sapi saat ini lebih sedikit lemak hingga 20% daripada satu dekade yang lalu.

Roti Gandum
Anjuran : 6 iris per minggu (70 kalori per iris)

Roti yang terbuat dari tepung beras, selain sedikit memiliki serat dan protein, juga sangat cepat dicerna di dalam tubuh. Sehingga memberi tubuh lonjakan energi yang cepat tapi juga cepat habis. Seiring waktu, hal itu mempengaruhi lonjakan produksi insulin pada tubuh, merusak sel-sel dan meningkatkan penyimpanan kelebihan lemak. Ganti dengan roti gandum yang menyediakan gizi lebih komplit dan pasokan energi lebih lama. Namun berhati-hati dengan produk yang mengklaim terbuat dari gandum padahal hanya diberi pewarna molase sehingga tampak coklat.

Kacang Almond
Anjuran : 3 porsi per minggu (1/2 ons per porsi = 82 kalori)

Kacang almond memiliki kandungan tinggi protein, serat, dan vitamin E, yang baik bagi jantung, sistem pencernaan, dan kulit. Walaupun kacang almond sarat akan lemak tak jenuh yang sehat, beberapa orang menghindari untuk mengkonsumsi karena padat kalori. Tapi menurut Gary Fraser, seorang profesor kedokteran di Loma Linda University di California, hal itu salah. Berdasar pada penelitiannya, penambahan 2 ons kacang almond untuk diet secara teratur, ternyata tidak membuat peningkatan berat badan yang signifikan. Menurutnya kalori dalam kacang almond, hanya sedikit yang bisa diserap ke dalam tubuh.

Yoghurt
Anjuran : 3 cangkir per hari (154 kalori per cangkir)

Yoghurt memiliki semua manfaat susu, ditambah kemampuan untuk melawan bakteri merugikan di sepanjang dinding usus. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering makan yoghurt tidak mudah terserang flu daripada orang yang jarang mengkonsumsinya. Seperti susu, yoghurt mengandung kalsium yang tidak hanya meningkatkan pembakaran lemak tetapi juga membantu anda merasa kenyang, sehingga sangat ideal untuk program menurunkan berat badan. Yang perlu dihindari adalah mengkonsumsi yoghurt yang dikemas dengan tambahan gula dan sirup jagung tinggi fruktosa.

Bayam
Anjuran : 3 porsi per minggu (1 cangkir per porsi = 7 kalori)

Apa persamaan ahli gizi dan Popeye si pelaut? Mereka suka makan bayam. Menurut Katherine Tallmadge, penulis Diet Simple, bayam memiliki kandungan penuh dengan serat, kalsium, dan beta karoten. Yang baik untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh, dan visi yang baik.

Brokoli
Anjuran : 3 porsi per minggu (1/2 cangkir per porsi = 15 kalori)

Menurut Niki Kubiak, ahli gizi di Ohama, brokoli harus menjadi yang nomer 1 ketika anda memilih jenis sayuran yang akan dikonsumsi. Karena brokoli kaya dengan zat besi, kalsium, serat, dan vitamin C, yang berarti ini baik untuk sistem peredaran darah, tulang, dan mencegah flu.

Tomat
Anjuran : 4 porsi per minggu (1 cangkir per porsi = 83 kalori)

Tomat biasa disebut sebagai apel cinta dan memiliki reputasi sebagai zat perangsang nafsu birahi yang kuat. Tapi itu pengetahuan yang tidak ada hubungannya dengan mengapa kita memilih tomat sebagai makanan terbaik bagi kesehatan. Menurut ahli gizi David Ricketts, tomat mengandung lycopene, antioksidan kuat yang berasal dari pigmen warna merah tomat, yang dapat membantu mencegah penyakit-penyakit serius dan khusunya penyakit kanker pada pria yaitu kanker prostat.

Havermut
Anjuran : 4 porsi per minggu (1/2 cangkir per porsi = 148 kalori)

Havermut adalah bubur yang dibuat dari haver (salah satu jenis serealia). Bubur havermut sangat populer di jaman penjajahan Belanda. Banyak manfaat bagi kesehatan yang dikandung havermut, diantaranya sebagai sumber energi, mengandung seng sebagai pencegah stress dan peningkatan imunitas, membantu program penurunan berat badan, dan menurunkan resiko penyakit jantung.

Blueberry
Anjuran : 2 cangkir per minggu (82 kalori per cangkir)

Dari semua khasiat buat, khasiat blueberry mungkin yang terbaik. Karena blueberry mengandung lebih banyak serat, vitamin, dan mineral, dibanding buah lainnya. Dan blueberry banyak mengandung antioksidan yang mampu melawan radikal bebas yang merusak sel-sel di seluruh tubuh, mencegah penyakit serius, dan mencegah tanda-tanda penuaan dini. Selain itu blueberry dapat membantu menjaga sel-sel di otak dan sistem syaraf yang sehat, sehingga bisa meningkatkan kerja otak dengan berpikir lebih cepat dan jelas, dan juga meningkatkan memori.

Ikan salmon
Anjuran : 4 porsi per minggu (3 ons per porsi = 121 kalori)

Menurut penelitian, daging ikan salmon banyak mengandung asam lemak omega-3, yang berguna untuk memperlambat proses penurunan daya ingat, meningkatkan kesehatan jantung dengan mengatur ritme jantung, dan menjaga arteri dan vena dari penyumbatan. Sedangkan kandungan asam lemak tak jenuh ganda yang terdapat pada daging ikan salmon mampu mencegah obesitas. Selain itu daging ikan salmon merupakan sumber protein yang baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar