Rabu, 18 Agustus 2010

Tips Usir Sulit Tidur

Anda tahu, salah satu kunci punya kulit segar adalah cukup tidur. Tidur cukup juga merupakan kiat menjadi langsing. Masih tetap sulit tidur? Tip dari the Comprehensive Epilepsy and Sleep Disorder Center di Baylor Regional Medical Center, Texas, AS, berikut ini layak dipertimbangkan, biar kita bisa tidur 7-8 jam pada malam hari.

  1. Kendalikan asupan kafein
    Bukan cuma kopi yang mengandung kafein, tetapi juga teh dan cokelat. Kurangi porsi mengonsumsi kafein di sore hari, lebih-lebih sesudah makan malam. Usahakan enam jam sebelum waktunya tidur Anda tidak lagi mengonsumsi kafein.

  2. Kendalikan stres
    Stres kadang diperlukan untuk "meningkatkan diri", tetapi jangan sampai mengganggu tidur. Yang perlu Anda lakukan adalah melepaskan semua masalah sebelum menaiki tempat tidur. Ucapkan syukur dan terima kasih karena Anda mengalami banyak hal yang memusingkan. Ibarat piknik, Anda punya pengalaman beragam. Namun, katakan pada tubuh dan pikiran Anda bahwa sekarang adalah saatnya beristirahat.

  3. Jadwalkan ulang olahraga malam
    Olahraga memang bisa membuat tubuh rileks dan memudahkan tidur. Meski demikian, Anda bisa sulit tidur jika berolahraga dekat dengan waktu tidur. Masalahnya, tidur butuh suhu tubuh lebih rendah, sedangkan olahraga membuat suhu tubuh naik. Lakukan olahraga sebelum makan malam.

  4. Tetapkan waktu tidur yang rutin
    Mulailah berdisiplin, jam berapa Anda harus naik ke tempat tidur dan jam berapa bangun. Artinya, matikan TV, letakkan bacaan, matikan lampu setelah membersihkan tubuh (kalau bisa dengan air hangat). (GHS/wid)

Sumber: Tabloid Gaya Hidup Sehat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar