Selasa, 28 September 2010

Lamellar Ichthyosis

Lamellar IchthyosisDEFINISI
Penyakit Lamellar Ichthyosis kadang-kadang disebut penyakit sisik ikan atau ichthyosis vulgaris merupakan kelainan kulit turunan yang menyebabkan sel-sel kulit mati menumpuk tebal, kering seperti sisik pada permukaan kulit.


PENYEBAB
Kulit terbarukan tanpa henti. Sel-sel kulit baru di dasar epidermis mendorong kulit lama ke permukaan kulit, di mana mereka akhirnya menyusut, rata dan mati.

Hal ini terjadi ketika produksi sel-sel kulit terlalu cepat atau kulit alami proses shedding terlalu lambat. Hal ini menyebabkan sel-sel kulit mati terkumpul menjadi serpih tebal yang menempel pada permukaan luar kulit. Serpih tebal inilah yang menyerupai sisik ikan.


GEJALA
Penyakit ini hadir pada saat lahir dan berlangsung sepanjang hidup. Bayi yang lahir terbungkus membran yang setelah 10 sampai 14 hari memperlihatkan kulit yang ditutupi sisik. Sisik ini berkisar dari halus dan putih ke tebal dan gelap dan umumnya terjadi di seluruh tubuh, dan lebih besar terkumpul di kaki. Lamellar ichthyosis dapat membuat cacat dan dapat menyebabkan penderitaan psikologis yang besar bagi penderita yang sebagian besar anak-anak.


PERAWATAN DAN PENCEGAHAN
Obat untuk penyembuhan penyakit ini belum ditemukan. Dokter biasanya hanya memberikan salep, krim atau gel yng berguna menghaluskan sisiknya. Namun bila kulit sudah terlalu keras dan parah, dokter akan menyuntikkan retinoid. Yang bisa memperlambat tumbuhnya sel kulit, tetapi obat ini memiliki efek samping
yang tidak kalah berbahaya seperti peradangan pada mata, dan bibir, lalu rambut rontok.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar