Sabtu, 02 Oktober 2010

Narkolepsi

narkolepsiDEFINISI
Merupakan gangguan tidur kronis yang ditandai dengan rasa kantuk luar biasa di siang hari dan serangan tidur tiba-tiba. Orang dengan narkolepsi sering menemukan kesulitan untuk tetap terjaga dalam jangka waktu yang lama. Sebab itu Narkolepsi dapat menyebabkan gangguan serius dalam rutinitas harian Anda.

Narkolepsi adalah penyakit kronis yang tidak bisa hilang sepenuhnya. Meskipun tidak ada obat untuk narkolepsi, pengobatan dan perubahan gaya hidup dapat membantu Anda mengurangi gejalanya.


PENYEBAB
Penyebab jelas narkolepsi tidak diketahui, namun beberapa orang percaya kalau penyebabnya adalah masalah genetik. Tetapi pengaruh yang lebih besar kemungkinan karena infeksi yang mengakibatkan kerusakan sel-sel otak tertentu yang mengatur bagian tidur.

Proses normal manusia tidur dimulai dengan fase yang disebut non-rapid eye movement (NREM). Selama fase ini, gelombang otak melambat jauh. Setelah satu jam atau dua NREM tidur, aktivitas otak Anda kembali dipercepat, dan tidur (Rapid Eye Movement)REM dimulai. Dalam narkolepsi anda tiba-tiba akan jatuh ke tidur
REM langsung tanpa terlebih dahulu mengalami tidur NREM normal yangbbisanya juga terjadi pada siang hari.


GEJALA
Orang yang terserang nakolepsi biasanya memiliki gejala seperti berikut:
  1. Kantuk di siang hari yang berlebihan. Karakteristik utama dari narkolepsi
    adalah mengantuk luar biasa dan tak terkendali
  2. Cataplexy, otot-otot yang tiba-tiba tak terkendali.
  3. Kelumpuhan saat tidur, biasanya orang yang terserang nakolepsi mengalami
    kelumpuhan saat tidur dan tidak dapat bergerak saat ingin bangun.

PERAWATAN DAN PENCEGAHAN
Tidak ada obat untuk narkolepsi, tapi obat-obatan dan modifikasi gaya hidup dapat membantu anda mengurangi gejala. Obat-obat umum yang biasanya diberikan dokter adalah obat untuk pemulihan sistem saraf pusat dan obat-obat antidepresan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar