Minggu, 10 Oktober 2010

Shin Splints

Shin SplintsDEFINISI
Shin splints adalah rasa nyeri di sepanjang tulang kering (tibia), tulang besar di depan kaki bawah. Disebabkan oleh kelebihan beban pada tulang kering dan jaringan penghubung yang melekatkan otot ke tulang. Shin splits sering disebut juga medial tibia, sindrom stres yang dirasakan oleh pemain bola dan pejogging.


PENYEBAB
Shin splints sering disebabkan karena kelebihan beban seperti jalan menurun, berjalan di permukaan yang miring, berlari menggunakan sepatu yang sudah usang, olahraga yang sering mulai dan berhenti, seperti basket dan tenis. Shin splints bisa disebabkan karena latihan yang terlalu keras, cepat dan dalam waktu yang lama.


GEJALA
Pada awalnya ditandai dengan rasa sakit dan nyeri pada bagian dalam kaki bawah, bisa sampai terjadi pembengkakan. Biasanya rasa sakit ini akan hilang bila berhenti bergerak.


PENGOBATAN
Pengobatan awal bisa dilakukan dengan cara beristirahat atau mengkompres tulang kering yang terkena dengan es hingga rasa nyeri menghilang. Bila sedang tidur Anda bisa menaikkan kaki di atas kepala.

Untuk mengurangi rasa sakit bisa menggunakan obat over-the-counter (OTC/obat bebas) pain reliever seperti ibuprofen (Advil, Motrin, others), naproxen (Aleve), aspirin atau asetaminofen (Tylenol, others). Shin splint juga bisa terjadi karena salah dalam menggunakan sepatu. Karena itu sebaiknya menggunakan sepatu yang cocok dengan jenis kaki Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar