Selasa, 12 Oktober 2010

Vulvodynia

DEFINISI
Vulvodynia adalah nyeri disertai rasa sakit, terbakar atau iritasi di daerah sekitar pembukaan vagina (vulva). Hal ini mengakibatkan ketidaknyamanan saat duduk atau melakukan hubungan seksual.


PENYEBAB
Belum ada penyebab pasti terjadinya vulvodynia, tapi diperkirakan disebabkan oleh beberapa faktor seperti cedera atau infeksi saraf di daerah sekitar vulva, infeksi vagina, alergi atau hipersensitivitas lokal pada kulit. Kebanyakan wanita yang menderita vulvodynia telah memilii riwayat pengobatan vaginitis.


GEJALA
Vulvodynia ditandai dengan rasa nyeri di sekitar kemaluan. Rasa nyeri itu bisa berupa perasaan terbakar, sakit, gatal, tersengat, berdenyut dan tidak ingin melakukan hubungan seksual. Kondisi seperti ini dapat berlangsung berbulan-bulan atau bertahun-tahun.


PENGOBATAN
Pengobatan vulvodynia dapat dilakukan dengan beberapa cara:
  1. Medis
    - Trisiklik antidepresan. membantu mengurangi sakit kronis termasuk amitriptyline, desipramine (Norpramin) dan nortriptyline (Aventyl, pamelor).
    - Antikonvulsan seperti carbamazepine (Tegretol) dan gabapentin (Neurontin). dapat mengurangi rasa sakit vulvodynia.
    - Antihistamin seperti Hidroksizin dapat mengurangi gatal.
  2. Biofeedback terapi. Terapi ini membantu mengurangi rasa sakit dengan mengendalikan respon tubuh tertentu. Tujuan biofeedback adalah membuat perasaan santai sehingga mengurangi sensasi rasa sakit.
  3. Lokal anestesi. Obat-obatan seperti salep lidokain dapat memberikan perasaan nyaman sementara dan dapat digunakan 30 menit sebelum berhubungan seksual.
  4. Bedah. pembedahan dapat dilakukan untuk menghilangkan kulit yang terkena dan mengurangi rasa sakit pada jaringan (vestibulectomy).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar