Minggu, 19 Desember 2010

Pijat Payudara Menurunkan Resiko Kanker Payudara

Sebuah penelitian terkini dari 4.700 wanita ditemukan bahwa wanita yang memakai bra memiliki kesempatan mengalami peningkatan kanker payudara. Hal ini sangat mungkin bahwa tekanan konstan (menetap dan terus menerus) yang menempatkan bra pada payudara akan membatasi aliran racun yang perlu dikeluarkan, sehingga hal ini berakibat angka resiko kanker menjadi meningkat. Semakin banyak jumlah tekanan lembut pada payudara bisa mendesak pembuluh darah limfatik dan menghentikan aliran racun dari payudara.

Dari penelitian itu ditemukan bahwa angka/jumlah tertinggi kanker payudara adalah pada mereka yang memakai bra selama 24 jam dalam sehari, dan angka/jumlah terendah adalah pada mereka yang tidak pernah memakai bra. Studi tersebut menunjukkan bahwa perempuan sebaiknya memakai bra mereka kurang dari 12 jam sehari.

Pijat Payudara Mandiri (Self care breast massage)

Pemijatan/massage lembut pada payudara akan bermanfaat bagi semua perempuan dan mengurangi risiko kanker payudara. Meremas, memijat payudara dengan pijatan lembut hingga sedang, menggosok/mengusap, dan meremas dengan tangan, hal ini cukup untuk menginduksi peningkatan getah bening dan aliran darah ke payudara.

Bagaimana melakukannya?

Payudara bisa diremas dan diperas dengan membentuk ikatan antara telapak dan jari-jari tangan (agak seperti jabat tangan) atau payudara bisa digosok dan mengelus payudara menggunakan telapak dan jari tangan dengan menggunakan tekanan lembut hingga tekanan sedang.

Payudara Wanita sangat bervariasi pada tekstur dan kepekaan terhadap tekanan. Oleh karena itu, usapan/elusan lembut sebaiknya bagi mereka yang sensitif atau memiliki payudara lebih lembut. Tekanan sedang mungkin lebih efektif bagi mereka dengan payudara lebih kencang bertekstur.

Prosedur ini harus dilakukan setidaknya dua kali seminggu. Hal ini dapat dilakukan dengan kulit telanjang (telanjagn dada), tetapi Anda mungkin bisa menggunakan beberapa minyak sayur agar lebih nyaman (jangan gunakan minyak berbahan dasar mineral atau beraroma).

Langkah Pertama: Gunakan jari-jari Anda secara lembut merata menjauhi puting. Pergerakan tersebut berjalan/melintas dari puting dan segera menjauh dari puting tanpa menggunakan tekanan yang melebihi dari tekanan pada kelopak mata Anda. Tekanan yang lebih akan menekan pembuluh darah limfatik dan menghentikan aliran racun dan kelenjar-kelenjar. Buatlah usapan atau elusan yang lambat/perlahan, tidak cepat, agar pemijatan bisa efektif


Langkah Kedua: pijat payudara dengan lembut dengan gerakan seperti meremas, menggunakan gerakan mengangkat dan menekan.






Langkah Ketiga: Dengan Pelan-pelan dan hati-hati gunakan tangan anda untuk memutar payudara searah jarum jam dan berlawanan, berhati-hatilah jangan memasukkan terlalu banyak ketegangan pada payudara.





Langkah Keempat: Gunakan kedua tangan seperti yang ditunjukkan pada gambar untuk menerapkan beberapa, tekanan sedang menekan keluar untuk lebih menekan kelenjar-kelenjar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar