Sabtu, 09 April 2011

Inilah 4 Pemicu Nyeri Lutut

Lutut merupakan penyangga tulang kaki yang sangat dibutuhkan bagi manusia untuk menjalani aktifitas.Untuk itu kerja lutut sangatlah berat,ia harus menopang tubuh setiap hari agar menjaga tubuh agar seimbang. Karena hal inilah yang membuat lutut biasanya terasa nyeri saat anda mulai beristirahat.

Berikut beberapa penyebab Nyeri Lutut dikutip dari vivanews :

1. Bobot tubuh berlebihan
Lutut berfungsi menyangga keseluruhan bobot tubuh. Jadi sangat penting untuk menjaga berat badan agar tetap dalam keadaan normal. Faktanya, orang obesitas memiliki risiko besar mengalami osteoarthritis karena, berat badan berlebih mempercepat rusaknya tulang rawan. Menurunkan atau selalu menjaga bobot tubuh dalam keadaan normal adalah salah satu cara agar terhindar dari nyeri lutut.

2. Kurang olahraga
Olahraga teratur penting untuk menjaga kekuatan lutut. Tanpa olahraga, otot akan melemah, tulang, tendon, ligamen, dan sendi juga rentan terhadap pergeseran yang memicu rasa sakit.

Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti berlari atau berjalan untuk menjaga kesehatan lutut. Sebagai alternatif, lakukan juga olahraga air seperti berenang secara teratur.

3. Aktivitas fisik berlebihan
Meskipun olahraga sangat penting bagi kesehatan lutut, tapi jangan melakukannya secara berlebihan. Lakukan secukupnya saja. Jika mengalami nyeri setelah berolahraga, sebaiknya hentikan dulu untuk sementara. Untuk menghindari nyeri setelah olahraga, selalu lakukan pemanasan dan pendinginan selama sekitar 5 hingga 10 menit.

4. Sepatu yang tidak nyaman
Pastikan sepatu Anda nyaman dipakai dan mampu menyangga kaki dengan baik. Hal ini sangat penting karena jika sepatu tidak mampu menyangga dengan baik, akan menimbulkan rasa nyeri pada kaki dan juga lutut.

Sumber:
http://www.harianberita.com/inilah-4-pemicu-nyeri-lutut.html

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar