Minggu, 31 Juli 2011

Beberapa Kesalahan Saat Menyikat Gigi

Beberapa Kesalahan Saat Menyikat GigiBeberapa Kesalahan Saat Menyikat GigiMempunyai gigi yang putih dan bersih tidak hanya nyaman untuk dilihat namun dengan memiliki gigi yang putih dan bersih selain membuat mulut kita sehat juga akan membuat napas terasa lebih segar selain itu kepercayaan juga akan lebih meningkat! kalau ga percaya liat aja tuh di TV banyak kok iklan pasta gigi pasti senyumnya WAHHHH lebar bener.... hehehe.

Untuk menjaga dan merawat gigi tentu tidak bisa kita elakkan lagi kegunaan dari menyigat gigi.  dengan menyikat gigi yang baik dan tepat akan membuat hasil yang maksimal.  Terkadang kebanyakan dari kita tidak tahu bagaimana cara menyikat gigi yang benar.  Berikut beberapa kesalahan yang biasanya dilakukan pada saat menyikat gigi dan mungkin anda juga melakukan kesalahan yang sama.

1. Menyikat di waktu yang salah
Menyikat gigi minimal dilakukan dua kali sehari, meskipun tiga kali lebih baik. Menyikat gigi sebelum tidur adalah suatu keharusan untuk menyingkirkan bakteri di mulut sehingga tidak menyerang gigi dalam semalam. Di pagi hari, sikatlah gigi sebelum sarapan untuk menghilangkan bakteri dan plak yang menumpuk semalaman. Anda juga dapat menggosok gigi setelah makan siang, tetapi tidak lebih itu. Menyikat gigi terlalu sering dapat merusak gusi Anda.

2. Meludah setelah sikat gigi
Setelah menggosok gigi, karena masih merasakan rasa pasta gigi, kita kerap meludah. Itu suatu kesalahan. Rasa pasta gigi meninggalkan lapisan fluoride pada gigi yang membantu mencegah kerusakan gigi dengan proses kimia menghambat bakteri plak.

3. Menyikat gigi terlalu lama atau terlalu singkat
Waktu menyikat gigi paling ideal yakni 2 hingga 3 menit. Bila kurang dari itu, Anda mungkin tidak membersihkan gigi Anda dengan benar. Adapun menyikat terlalu lama dapat mengiritasi gusi.

4. Menyikat dengan cara yang salah
Cara terbaik yang disarankan untuk menggosok gigi yakni dengan arah horisontal di sepanjang gusi. Menurut Yayasan Kesehatan Gigi Inggris, arahkan sikat 45 derajat terhadap garis gusi Anda dan bergerak melingkar kecil pada permukaan setiap gigi. Sikat permukaan luar dari setiap gigi, atas dan bawah. Untuk membersihkan permukaan gigi bagian depan, miringkan sikat secara vertikal dan membuat gerakan lingkaran kecil. Akhirnya, sikat lidah Anda. Ini akan menghilangkan bakteri dari permukaan serta menyegarkan napas.

5. Tidak membilas sikat gigi dengan baik
Bakteri juga tumbuh pada sikat gigi sehingga penting untuk membilasnya sebelum dan setelah digunakan. Ini juga akan menghapus pasta gigi yang mungkin tertinggal di bulu sikat. Setelah membilas sikat, kibaskan karena bulu yang lembap merupakan tempat berkembang biak bakteri.

6. Sikat gigi usang
Semakin lama Anda menggunakan sikat gigi, semakin rusak dan cacat bulu sikat sehingga akan mengurangi efektivitasnya. Anda harus mengganti sikat Anda setiap tiga bulan sekali.

Semoga Artikel Kesehatan - Beberapa Kesalahan Saat Menyikat Gigi ini bermanfaat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar