Selasa, 26 Juli 2011

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Kutu rambut memang sangat menjengkelkan, selain itu kutu rambut adalah sebagai parasit di kepala yang tentunya akan sangat menggangu selain gatal-gatal, kutu rambut juga membuat tidak percaya diri seperti halnya dengan ketombe karena telur kutu akan terlihat pada saat rambut mulai panjang.  Walau orang dewasa tergolong sangat jarang terkena serangan kutu rambut namun jangan salah apabila anda berdekatan dengan orang yang memiliki kutu dikepalanya maka kutu tersebut akan dengan cepat menular / berpindah ke kepala Anda.  Kutu rambut cenderung banyak dialami oleh anak-anak yang masih beraktifitas diluar seperti pada masa kanan-kanak atau juga bagi anak yang sudah berusia sekolah dasar. Dan banyak orang yang percaya bahwa kutu rambut suka berkembang biak pada rambut yang kotor dan tidak terawat, maka sebenarnya kutu rambut lebih menyukai rambut dan kulit kepala yang bersih.

Gejala Awal Kutu Rambut

Cara Menghilangkan Kutu RambutGejala paling umum dari kutu rambut ini adalah terasa gatal-gatal dikepala dan biasanya sering menggaruk-garuk kepala kalau suhu udara panas maka gatal tersebut semakin parah, adanya bintik-bintik pada rambut  terutama pada pangkal rambut,

Untuk memastikan bahwa kutu rambut bersarang dikepala kebanyakan orang memakain sisir bergigi rapat (serit).  Cara yang paling mudah menggunakannya adalah dengan menggunakan kertas warna putih polos, taruh di atas lantai lalu sisir rambut kearah kertas putih tersebut.  Biasanya kalau kutu memang ada ga bakalan lama maka kutu akan terlihat jatuh ke kertas putih tersebut.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Ada banyak jalan menuju roma, begitu ada banyak cara juga untuk mengatasi kutu rambut, bagi anda yang ga tau caranya menghilangkan kutu rambut, coba gunakan cara berikut:

Potong Rambut
Cara yang ini tergolong cara yang paling ampuh basmi sampai keakar dan rumahnya. (hehehe)  Kutu tidak akan bersarang lagi di kepala anda karena rumahnya sudah ludes dimana lagi mau bersarang, namun cara ini saya sarankan hanya untuk pria saja untuk wanita jangan gunakan cara ini, tapi kalau mau juga kaga ape-ape.  hehehe

Sisit Bergigi Rapat (Serit)
Cara yang satu juga tergolong ampuh namun perlu proses yang lama.  Agar cara ini lebih ampuh sebelum menyisir rambut terlebih dahulu basahi rambut menggunakan air cuka hangat (asam asetat) berkadar 5-10%.  Air cuka hangat ini berguna agar kutu rambu lebih mudah terlepas dari rambut.  Gunakan cara ini beberapa hari sampai anda rasa sudah tidak ada lagi kutu + telur-nya dikepala anda.

Menghilangkan Kutu Rambut dengan Bahan Kimia
Usahakan menggunakan pedikulisida yang berdaya racun rendah, sehingga tidak mengakibatkan sensitisasi, resorpsi dan iritasi.  Bahan aktif pedikulisida yang terutama adalah insektisida jenis piretroid (permetrin, d-fenotrin, alletrin dll). Insektisida ini dapat merusak sistem saraf serangga. Namun menggunakan cara ini Kutu rambut tidak mati seketika oleh pemberian obat, namun beberapa saat kemudian. Karena telur kutu rambut terlindungi oleh cangkangnya, mereka sulit mati oleh pedikulisida. Saat ini tidak ada produk pedikulisida yang membunuh 100% telur kutu. Kutu-kutu rambut bisa kembali muncul setelah telur-telur yang bertahan menetas dan berkembang biak. Anda mungkin perlu mengulangi pemberian pedikulisida dalam 7-10 hari kemudian.

Perlu dingat
  1. Jangan menggunakan pedikulisida secara berlebihan dan jangan mencampur penggunaan lebih dari satu produk. Gunakanlah sesuai instruksi agar tidak menimbulkan efek negatif bagi diri Anda dan tidak membuat kutu rambut resisten.
  2. Jangan berkeramas menggunakan pedikulisida dengan air hangat karena pori-pori kulit kepala yang mengembang oleh panas dapat menyerap zat racunnya sehingga berbahaya bagi Anda.
  3. Setelah penggunaan pedikulisida lebih dari dua kali dan kutu rambut tidak hilang, Anda mungkin perlu mengganti dengan jenis lain yang lebih efektif. Jangan terus memaksakan penggunaannya.
Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami
Menghilangkan kutu rambut memang terbilang gampang-gampang susah, walau sudah banyak bahan kimia seperti yang saya uraikan diatas namun cara di atas memiliki efek samping bagi kepala Anda selain itu menggunakan bahan kimia tidak selalu ampuh.   Nah ada lagi cara lain untuk membasmi kutu rambut yaitu dengan menggunakan bahan alami seperti berikut:

  1. Minyak kayu putih dan jeruk nipis. Campur beberapa sendok minyak kayu putih dengan air perasan jeruk nipis. Gunakan campuran tersebut untuk membasahi rambut, dan pijatlah kulit kepala dan remas-remaslah rambut dengan merata selama beberapa menit. Tutuplah kulit kepala dengan topi mandi plastik dan biarkan cairan bekerja selama satu jam. Kemudian, keramaslah rambut sampai bersih. Sisir rambut dengan sisir khusus untuk membersihkan telur-telur kutu yang masih melekat. Ulangi beberapa kali dalam seminggu sampai anak Anda benar-benar bebas kutu.
  2. Minyak kelapa. Minyak kelapa (Jawa: minyak klentik) dapat memasuki saluran pernafasan kutu dan membunuh mereka dengan membuat lemas dan dehidrasi. Sewaktu anak mau tidur, tuangkan minyak kelapa hangat di kepalanya dan remaslah rambut seperti berkeramas. Bungkus kepala dengan topi mandi plastik dan tidurkan anak. Di pagi hari, basuh kepala anak untuk membersihkan minyak. Sisir rambut dengan sisir khusus untuk membersihkan telur-telur kutu yang masih melekat. Lakukan tiga malam berturut-turut. Periksa kembali rambut anak dan ulangi hanya jika diperlukan.
  3. Cuka Putih. Cuka putih tidak membunuh kutu, namun efektif membuat telur-telur kutu mudah lepas dari cengkeramannya di rambut. Selain itu, cuka juga bersifat antiseptik sehingga bisa membersihkan jamur dan bakteri di kepala. Basahi kepala dan kulit kepala anak dengan air cuka. Tutup kepala dengan topi mandi plastik selama 30 menit agar cuka meresap dan bekerja. Sisirlah rambut dengan sisir khusus untuk mengeluarkan kutu dan telur-telurnya. Telur-telur yang sebelumnya sangat lengket di rambut akan dengan mudah berlolosan. Kemudian, keramaslah rambut sampai bersih. Ulangi beberapa kali sampai anak Anda bebas kutu rambut

Mencegah Kutu Rambut

Seperti kata pepatah "SEDIA PAYUNG SEBELUM HUJAN" ada baiknya sebelum anda mengalami masalah kutu rambut, lakukan beberapa hal berikut yang dapat mencegah masalah kutu rambut:
  1. Setelah menyadari salah satu Anggota keluarga Anda memiliki kutu rambut, periksa dan pastikan anggota keluarga lainnya sehingga tidak ada satu anggota keluarga lainnya yang juga bermasalah kutu rambut. 
  2. Usahakan sebisa mungkin agar tidak menggunakan peralatan yang menjadi sumber penularan kutu seperti sisir, topi, handuk, bantal, dll.
  3. Jangan menggantung handuk, topi, jilbab dan lain-lain di tempat gantungan yang sama sehingga kutu rambut bisa melompat dari satu barang ke barang lain.
  4. Untuk sementara apabila ada salah satu anggota keluarga yang menderita kutu rambut dipisahkan tempat tidurnya sampai kutu rambut benar-benar hilang hal ini dikarenakan kutu dapat melompat dari kepala yang satu ke kepala yang lain sewaktu mereka tidur dengan kepala berdekatan.
Sumber: majalahkesehatan.com, www.conectique.com

Semoga Artikel Tentang Kesehatan - Cara Menghilangkan Kutu Rambut ini bermanfaat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar