Senin, 25 Juli 2011

Gejala dan Penyebab Ketombe

Cara Menghilangkan Ketombe. Bila anda takut mengenakan busana berwarna hitam karena khawatir akan ada serbuk-serbuk putih yang jatuh mengotori busana anda. Cobalah tenang karena tidak hanya anda saja yang mengalami kekhawatiran itu sebab hampir semua orang juga pernah mengalaminya. Sebaiknya anda cermati terlebih dahulu beberapa penyebab yang memicu munculnya serpihan putih tersebut, mungkin saja itu bukan ketombe.

Gejala Ketombe

  1. Kulit mati berbentuk serpihan yang tampak putih dan berminyak yang mengotori rambut dan bahu.
  2. Kulit kepala yang bersisik.
  3. Rasa gatal pada kulit kepala.
Gejala dan Penyebab KetombeSejalan dengan bertumbuhnya kulit, sel-sel terluar kulit kepala akan terdorong keluar, di mana mereka pada akhirnya mati dan terkelupas dari kepala. Pengelupasan ini terlalu kecil untuk dapat terlihat mata. Pada orang berketombe, sel-sel kulit mungkin mati dan digantikan setiap kira-kira 2 minggu sekali. Sedangkan pada orang tanpa ketombe, siklus ini berlangsung 1 bulan sekali.

Hasilnya, sel-sel kulit mati akan terlepas dan menumpuk dalam jumlah yang besar, yang tampak sebagai serpihan-serpihan kecil berwarna putih atau kelabu di kulit kepala.

Secara ilmiah tiap 3 minggu atau 28 hari terjadi proses ganti kulit di kepala. Pada kurun waktu tersebut seseorang sudah mempunyai kulit baru dikepala dan terjadinya ketombe atau lepasnya kulit mati di kepala.

Masalah kulit kepala memang beragam adanya. Mulai dari Rontok pada rambut, kulit kepala berminyak smpai ketombe. Semua mempunyai gejala dan penyebab sendiri. Menurut informasi yang saya dapat dari seorang dokter spesialis kulit dan kelamin (dr. Bambang Dwipayana Sp.KK), ketombe merupakan penglupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala.

Penyebab Ketombe

  1. Kosmetik Rambut Yang Tidak Cocok.  Penggunaan kosmetik rambut yang mengandung bahan peyebab iritasi juga bisa menimbulkan ketombe (shampoo yang mengandung nahan detergen).  Terkadang serbuk putih timbul disebabkan oleh sisa produk rambut seperti yang menumpuk.  Kondisioner yang keras dan berbagai produk penata rambut atau styling product biasanya dibuat untuk menempel pada kulit.  Sebaiknya anda pilihlah shampo yang jernih atau clarifying shampoo yang mampu mengangkat sisa-sisa kotoran yang ditinggalkan oleh styling product tersebut. Lalu bilaslah rambut anda hingga benar-benar bersih saat keramas agar memastikan tidak ada lagi cairan shampo yang tersisa pada kulit kepala.
  2. Kulit terlalu kering.  Keringnya kulit kepala dapat menyebabkan kulit mengelupas dan membentuk serpihan-serpihan kulit.  Saat mencuci rambut sebaiknya anda gunakan shampo lembut atau mild shampoo. Lalu pijatlah kulit kepala anda untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang dapat memicu timbulnya serpihan-serpihan putih tersebut. Alternatif lain, anda dapat menggunakan kondisioner yang lebih pekat atau deep conditioning.
  3. Kulit terlalu berminyak.  Minyak yang berlebihan pada rambut dapat menjadi sumber makanan jamur yang berkembang di kulit kepala, di mana jamur akan merangsang pengelupasan kulit kepala berlebihan dan menyebabkan ketombe.
  4. Stres.  Jangan remehkan stress berkepanjangan. Jika tidak segera diobati dampaknya akan timbul KETOMBE AKUT yang akan sulit diobati.  Stress dapat memicu munculnya masalah ketombe tidak lain disebabkan oleh peningkatan hormon Androgen pada orang yang sedang mengalami stress, yang kemudian berlanjut dan memicu timbulnya kelenjar minyak berlebihan hingga kulit kepala mudah lepas.
  5. Konsumsi makanan berlemak secara berlebihan.  Beberapa jenis makanan juga dapat mempengaruhi keparahan ketombe. Seperti mentega dan makanan yang digoreng.
  6. Malassezia (jamur yang dapat menyebabkan seborrheic dermatitis yaitu radang pada kulit).
  7. Psoriasis (akumulasi sel kulit mati yang membentu sisik perak yang tebal).
  8. Craddle cap (seborrheic dermatitis pada kulit kepala bayi).
  9. Dermatitis (radang kulit) akibat sensitivitas terhadap produk perawatan rambut tertentu atau pewarna rambut.
  10. Penyebab lainnya adalah karena rambut anda sensitif. Mungkin saja serpihan itu berupa reaksi dari kulit kepala saat anda menggunakan sampo tertentu. Coba gantilah shampo anda dengan mild shampoo.
Untuk mengatasi masalah kulit kepala yang satu inipun, tidak bias dikatakan mudah atau sebaliknya. Dari pengalaman yang saya perhatikan di lingkungan sektar saya. Ada ketombe yang mudah dihilangkan hanya dengan menggunakan shampoo anti ketombe yang saat ini sduah banyak beredar di pasaran atau dengan trik-trik kuno seperti mengoleskan jeruk nipis pada kulit kepala. Namun begitu juga sebaliknya, ketombe sulit dihilangkan dengan cara yang biasa dilakukan hingga konsultasi ke dokter spesialis. Ya…memang langkah awal yang sebaiknya dilakukan adalah menganalisa/mencari tau penyebab ketombe itu sendiri.

Sumber: www.kaskus.us, www.resep.web.id, muslimah.or.id

Semoga Artikel Tentang Kesehatan - Gejala dan Penyebab Ketombe ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar