Senin, 11 Juli 2011

Yogurt Cegah Gastritis dan Bisul Perut

Sehat-Enak.Blogspot.com - Yogurt sudah lama dikenal sebagai produk susu fermentasi yang melancarkan proses pencernaan. Dan penelitian terbaru menyebutkan yogurt bisa mencegah gastritis dan bisul perut.

Yogurt masuk ke dalam daftar makanan sehat kerena banyak kalsium, protein, dan nutrisi lain seperti probiotik yang dibutuhkan untuk kesehatan.

Sebuah studi klinis di Jepang baru-baru saja menyebutkan bahwa yogurt dapat memerangi bakteri penyebab gastritis atau radang lambung dan bisul perut, yaitu Helicobacter Pylori.

Penelitian ini dilakukan pada 42 orang yang di tes positif memiliki H. Pylori. Mereka diminta mengonsumsi dua cangkir sehari yogurt polos atau yogurt yang mengandung antibodi urease selama empat minggu.

Hasil penelitian menunjukkan bawa infeksi H. pylori pada manusia dapat dikurangi dengan minum yogurt yang ditambah antibodi.

H. pylori, penggunaan aspirin berlebihan dan obat antiinflamasi non-steroid memang dapat menyebabkan radang perut. Sementara bisul dapat diobati secara efektif dengan antiobiotik dan acid suppressants atau penekan asam. Sayangnya, rejimen sederhana ini tidak tersedia banyak di negara berkembang.

Dalam studi ini, para peneliti menemukan bahwa H. pylori tampaknya mengandalkan protein yang sulit menempel kemudian menginfeksi lapisan perut. Karena itulah perlu adanya rangsangan pada sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi antibodi.

"Walaupun yogurt tidak seefektif antibiotik untuk mengurangi tingkat H. pylori, tapi ini jauh lebih mudah untuk didapat dan dimakan sehari-hari sebagai bagian dari rutinitas dibanding mengambil obat," jelasnya. (tam)

Sumber: SehatNews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar