Rabu, 03 Agustus 2011

Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

Mencegah Bau Mulut Saat Puasa.  Ketika kita sedang melaksanakan kewajiban berpuasa produksi air liur didalam mulut dan juga pada saluran pencernaan sudah pasti akan berkurang sehingga hal tersebut menyebabkan mulut kita menjadi lebih kering dan akan timbul bau mulut (halitosis).  Walau sebenarnya bau mulut ketika kita sedang menjalankan ibadah puasa tidak perlu ditakuti dan juga dirisaukan.  Karena berikut ini kita akan membahasa Bagaimana Cara Mencegah Bau Mulut saat Puasa seperti dikutip dari Waspada Online:

1. Selalu menjaga kesehatan / kebersihan gigi dan mulut
Bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi.  Jika menggunakan cairan kumur, jangan memakai cairan dengan kandungan alkohol di atas 25 persen karena memicu risiko kanker rongga mulut.

2. Periksa ke dokter gigi Anda minimal enam bulan sekali. 
Bila ada waktu, lakukan spa gigi dua kali dalam sebulan untuk menjaga kesehatan gigi.

3. Hindari rokok dan alkohol 
Karena rokok dan juga alkohol akan memberikan efek yang dapat memperburuk status kebersihan mulut yang memicu terjadinya gingivitis dan periodontitis. Alkohol mengurangi produksi air liur yang akan memperparah bau mulut.

4. Perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan 
Perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan pengusir bau mulut seperti apel, bengkuang dan wortel. Teh hijau mengandung bahan aktif catechin yang dapat menghilangkan plak, menurunkan kadar gula, dan membunuh bakteri penyebab bau mulut. Minumlah 2-5 cangkir teh hijau sehari.

5. Kalau anda masih ada sedikit waktu untuk membaca sebaiknya baca juga Beberapa Kesalahan Saat Menyikat Gigi

Semoga Artikel Kesehatan - Mencegah Bau Mulut Saat Puasa ini bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar