Senin, 09 Februari 2009

3 Menit Untuk Meringankan, Mengurangi, Menghilangkan Stress

Pengendalian stress yang efektif ditunjukkan dalam peningkatan atau perbaikan kesehatan baik fisik maupun mental. Olahraga dan metode relaksasi praktis merupakan cara terbaik untuk memelihara stress kronis dan tetap dalam monitoring, tapi hal ini tidak realistik untuk berolahraga joging atau melakukan istirahat meditasi setiap kali anda menghadapai situasi yang menegangkan atau situasi stress. Ada bisa, meskipun demikian, teknik-teknik praktis seperti latihan pengaturan pernafasan pada saat anda merasa tingkat stress yang anda alami terlalu tinggi.

Latihan pernafasan berikut ini dapat dapat anda lakukan hanya 3-5 menit setiap sesinya dan ini adalah sebuah cara yang efektif untuk menghentikan perasaan-perasaan yang berlebihan karena stress, marah, tegangan atau frustasi.

Latihan pengaturan pernafasan:
  1. Duduk tegak dengan posisi senyaman mungkin.
  2. Pusatkan pikiran pada situasi atau keadaan saat ini dan yang ada (hal ini sering disebut dengan mindful/sadar/kesadaran). Tutupi pikiran-pikiran yang mengganggu. Jika perlu tutup kedua mata anda.
  3. Perhatikan pernafasan anda. Dengan pelan-pelan tarik nafas melalui hidung, tahan beberapa detik.
  4. Hembuskan melalui mulut, cobalah untuk membuat tahap menghembuskan nafas lebih panjang 2 kali lipat dari waktu menarik nafas.
  5. Lanjutkan pernafasan sadar ini selama 3-5 menit.
Apabila anda suka, anda dapat meningkatkan latihan hingga 15-20 menit setiap hari. Dengan latihan teratur, anda dapat melatih tubuh anda untuk santai, tenang dalam situasi stress yang menegangkan menggunakan latihan ini.

Latihan ini juga efektif dalam menghadapi kecemasan, serangan panik, ketakutan dan kekhawatiran seperti takut terbang. Melakukan jeda pada saat latihan pernafasan untuk menyegarkan guna memfokuskan pernafasan juga dapat menjadi alat yang bernilai dalam mengelola atau manajemen marah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar