Selasa, 10 Februari 2009

Sepuluh Tips Menghindari insomnia dan Dapat Tidur Nyenyak

Insomnia temporer/sementara atau jangka pendek adalah kualitas tidur yang buruk atau kurang tidur dan dapat terjadi dimanapun dari satu malan hingga beberapa minggu. Insomnia temporer dapat berupa insomnia episode tunggal atau episode yang berulang-ulang yang dikelompokkan berdasarkan periode tidur normal. Berikut ini adalah saran-saran yang bermaksud membantu dalam mengatasi insonia temporer dan memaksimalkan dalam mendapatkan tidur malam yang sehat dan berkualitas.
  1. Buatlah kamar tidur anda sebagai tempat yang menyenangkan. Pelihara agar ruangannya selalu bebas dari kotoran, tidak kusut, kacau dan membingungkan. Pastikan anda mempunyai tempat tidur dan matras/kasur yang tepat yang anda perlukan untuk tidur. Matras yang tidak tepat dapat mengakibatkan gangguan atau masalah musculoskeleteal (gangguan pada otot dan tulang) dan gangguan atau susah tidur.
  2. Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur dan aktifitas seksual/hubungan seks. Hindari penggunaan bed atau tempat tidur untuk nonton televisi, makan, bekerja atau aktifitas lainnya. Apabila anda ingin menggunakan tempat tidur untuk membaca di malam hari, bacalah hanya buku-buku yang menyenangkan di tempat tidur.
  3. Ahli terapi atau pengobatan sering menggunakan "reconditioning" sebagai bagian dari rencana pengobatan insomnia. Dengan metode ini, orang-orang akan dikondisikan yang berhubungan tempat tidur dengan tidur. Apabila diri anda tidak bisa tidur, keluarkan bed atau tempat tidur anda dan pindahlah ke lain ruangan, sehingga anda hanya menghubungkan tempat tidur dengan tidur dan tidak dengan keadaan atau kondisi yang tidak dapat tidur.
  4. Tetapkan siklus bangun tidur secara teratur. Tubuh anda akan belajar untuk mengatur jam internal untuk jadwal anda dan akan segera memberikan respon terhadap isyarat internal tubuh pada saat tubuh mengantuk pada waktu yang sudah dijadwalkan dan untuk bangun pada waktu yang sudah di jadwalkan. Cara yang baik untuk memulai hal ini adalah dengan bangun pada waktu yang sama setiap pagi, bahkan pada akhir pekan.
  5. Jangan tidur sebentar. Tidur sebentar pada sore hari dapat membuat tertidur pada malam hari bahkan lebih sulit. Tambahan waktu tidur pada akhir pekan bisa juga membuat jadwal tidur anda tidak teratur dan memperburuk insomnia anda di tengah pekan.
  6. Batasi jumlah konsumsi kafeine pada sore dan malam hari. Iggatlah bahwa makan coklat dan minum coklat (cocoa) juga merupakan sember kafeine.
  7. Awasi intake alkohol ke dalam tubuh anda. Jangan minum alkohol jenis apapun pada beberapa jam tepat sebelum tidur. Terlalu banyak jumlah alkohol dapat mengganggu pola tidur dan memicu terjadinya tidur yang tidak memuaskan. Merokok cigaret juga dapat memperburuk insomnia.
  8. Luangkan waktu anda untuk berolahraga, tapi jangan lakukan olahraga terlalu berat pada saat mau tidur.
  9. Makan makanan ringan pada malam hari. Memakan makanan berat pada malam hari atau makan tepat sebelum tidur dapat mengganggu tidur anda.
  10. Cobalah untuk membebaskan pikiran anda dari kekacauan, gangguan atau kesulitan berpikir dan gunakan relaksasi, aktifitas yang menyenangkan seperti membaca, mendengarkan musik atau menonton film yang menghibur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar