Sabtu, 28 Februari 2009

Kanker Serviks Pada Wanita

Kanker Serviks
Kanker leher rahim (kanker mulut rahim) atau kanker serviks merupakan kanker yang sering menyerang kaum wanita dan jumlah penderitanya meningkat beberapa tahun terakhir. Dari seluruh wanita penderita kanker di Indonesia, sepertiganya adalah penderita kanker serviks. Kanker ini memang merupakan penyakit pembunuh wanita yang sangat menakutkan. Memperoleh informasi tentang kanker ini dapat membantu lebih banyak wanita terhindar dari salah satu penyakit paling mematikan ini.

Kanker serviks atau kanker leher rahim (sering juga disebut kanker mulut rahim) merupakan salah satu penyakit kanker yang paling banyak terjadi pada kaum wanita. Setiap satu jam, satu wanita meninggal di Indonesia karena kanker serviks ini. Fakta menunjukkan bahwa jutaan wanita di dunia terinfeksi virus Human Papilloma Virus (HPV), yang dianggap penyakit lewat hubungan seks yang paling umum.

Di Indonesia, setiap satu jam, satu wanita meninggal karena kanker serviks. Menurut World Health Organization (WHO), infeksi ini merupakan faktor risiko utama kanker serviks. Setiap tahun, ratusan ribu kasus HPV terdiagnosis di dunia dan ribuan wanita meninggal karena kanker serviks, yang disebabkan oleh infeksi virus HPV. Mengingat fakta yang mengerikan tersebut, maka berbagai tindakan pencegahan dan pengobatan telah dibuat untuk mengatasi kanker serviks atau kanker leher rahim.

Kanker serviks atau kanker leher rahim terjadi di bagian organ reproduksi seorang wanita. Serviks (leher rahim) adalah bagian yang sempit di sebelah bawah antara vagina dan rahim seorang wanita. Di bagian inilah tempat terjadi dan tumbuhnya kanker serviks.

Kanker serviks bisa dicegah dan bisa diobati. Deteksi sejak dini dan rutin melakukan Pap smear akan memperkecil risiko terkena kanker serviks. Ubah gaya hidup dan juga pola makan supaya terhindar dari penyakit yang telah membunuh banyak wanita di dunia ini. Dengan demikian, maka kesehatan serviks atau leher rahim lebih terjamin. Dengan penanganan yang tepat, kanker serviks bukanlah sesuatu yang menakutkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar