Kamis, 19 Maret 2009

Kesehatan Otak: Olahraga dan Meningkatkan Daya Ingat, Bagaimana Membuat Otak Lebih Pintar?

Kita semua mengetahui bahwa olahraga itu baik untuk tubuh. Baru - baru ini, para ilmuwan menemukan bahwa olahraga juga baik untuk otak. Dalam beberapa tahun ini para peneliti menemukan bahwa olahraga dapat meningkatkan memory atau daya ingat, konsentrasi, berpikir abstrak diantara orang yang lebih tua, dan bahkan juga berperan dalam memperlambat serangan Alzheimer’s. Cara kerjanya adalah sebagai berikut: Olahraga aerobik akan meningkatkan aliran darah ke otak, yang menjaga dan memelihara sel-sel otak dan menjadikannya berfungsi dengan lebih efektif, memastikan kinerja organ tubuh anda selalu dalam keadaan prima dan baru.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa olahraga itu sebetulnya meningkatkan pertumbuhan neuron-neuron baru (sel-sel otak) dalam hippocampus ( Hippocampus merupakan bagian dari otak besar yang posisinya terletak pada lobus temporalis dimana otak bagian ini berfungsi mengontrol dan mengendalikan memory atau daya ingat dan belajar. Para ilmuan sebelumnya percaya bahwa satu sel otak mati, maka sel yang mati tersebut tidak dapat digantikan.

Seorang editor majalah AARP, Gabrielle deGroot Redford mengatakan, kognitif anda akan bertambah dengan hanya aktifitas yang cukup sederhana.

Sementara yoga sudah lama terbukti memperlihatkan adanya pengaruh perasaan pada pemakainya, satu gerakan yoga khsusus memfokuskan pada peningkatan kekuatan otak. Latihan ini disebut dengan Yoga superbrain

Contoh gerakan sederhananya terlihat pada gambar di atas, yang berperan dalam menaikkan fungsi otak dengan merangsang titik-titik acupressure pada cuping telinga.

Langkah pertama.

Letakkan tangan kiri anda pada cuping telinga kanan, ibu jari di depan cuping dengan kuku jari tangan menghadap keluar dan jari kedua dibelakang cuping telinga. Kemudian, dengan tangan kanan anda, pegang cuping telinga bagian kiri, ibu jari tangan kiri anda di depan cuping, menghadap ke luar. Tekan kedua cuping telinga secara bersamaan, pastikan lengan tangan sebelah kiri anda dekat dengan dada dan didalam atau diapit lengan tangan kanan ( membantu perjalanan energi ke atas ke bagian otak.

Langkah ke dua

Sewaktu anda menekan cuping telinga, jongkoklah ke bawah, pertahankan agar punggung anda tetap tegak lurus. Lakukan 10 - 12 tekukan (tekuk yang dalam), tarik nafas melalui hidung pada saat posisi turun dan hembuskan nafas melalui mulut pada saat posisi naik ke atas. Anda mungkin perlu memasang kursi di bawah anda sebagai usaha pengamanan dan keselamatan berolahraga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar