Jumat, 20 Maret 2009

Olahragakan Otak Anda!?

Meskipun cuma sedikit, kita semua mengalami kehilangan ingatan seperti meninggalkan kunci pintu pada pintunya, lupa nama seseorang yang kita kenal atau lupa telah membuat janji dengan seseorang. Jarang kita berpikir apakah kita beranjak tua atau sudah pikun. Kebanyakan itu disebabkan karena adanya banyak hal yang anda pikirkan dalam otak anda. Terlalu banyak hal yang ada di dalam otak anda atau anda sedang mengalami stress atau dalam tekanan. Mungkin juga karena anda tidak cukup berkonsentrasi menganai apa yang seharusnya anda ingat.

Penelitian menunjukkan bahwa kekuatan otak dapat ditingkatkan dengan aktifitas-aktifitas mental atau pikiran. Penuaan bukan berarti secara otomatis kehilangan kemampuan berpikir dalam mengingat. Sebuah institusi nasional tentang penuaan menyelenggarakan sebuah rangkaian test yang membuktikan penurunan daya ingat yang paling dramatis terjadi pada usia sekitar 70 tahun. Meskipun demikian daya ingat mungkin pudar atau menghilang seiring waktu, kemampuan berfikir yang masih kuat. Kemampuan kosa kata atau bahasa dan kemampuan dalam memberi alasan seringkali membaik atau meningkat dengan bertambahnya usia.

Tidak masalah berapapun usia anda, olahraga otak dapat membuat perbedaan antara berolahraga dan tanpa olaharaga. Atau bila anda adalah orang dewasa muda dan memiliki anggota keluarga yang usianya lebih tua dari anda atau mempunyai teman-teman yang tampaknya mengalami penurunan atau kehilangan daya ingat, sarankan kepada mereka untuk melakukan aktifitas-aktifitas olahraga untuk otak, karena hal ini dapat membantu mereka yang mengalami masalah tersebut.

Aktifitas-aktifitas seperti bermain teka-teki silang, bermain permainan kata atau kartu dapat membantu memperkuat synapses (menyimpan banyak memori dan berperan penting dalam proses belajar) antara sel-sel otak dalam daerah-daerah penyebaran daya ingat. Berdasarkan penelitian terbaru menunjukkan bahwa, aktifitas fisik dapat meningkatkan kemampuan mental 20-30 %. Menulis majalah, jurnal dan bekerja dengan tangan untuk menciptakan atau membangun sesuatu dapat membantu dengan baik.

Bagi orang dewasa tua dimana terjadi penurunan atau kehilangan sense daya ingat, gunakan bantuan peralatan seperti kalender, kalkulator, pembuat daftar dam kelompok diskusi. Dan tenangkan diri anda, buat diri anda rileks dan santai, karena mencemaskan tentang apa yang anda lupakan dapat menyebabkan ganjalan atau bloking pada pikiran anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar