Minggu, 29 Maret 2009

Suplemen Vitamin dan Mineral Sehari-hari Bagi Wanita

Terkadang kebutuhan nutrisi tertentu bagi tubuh bisa berubah, beberapa nutrient tetap dan tidak diperlukan perubahan dan terutama sangat penting bagi kehidupan sehat para wanita. Dengan pola makan dan diet yang benar, wanita dapat memperoleh lebih banyak dari apa yang mereka perlukan, seperti protein dan serat, tapi banyak keuntungan yang dapat diambil dari konsumsi suplemen-suplemen untuk memastikan tubuh anda mendapatkan cukup vitamin-vitamin dan mineral essensial tertentu yang mana tidak dapat anda peroleh dari diet sehari-hari anda, seperti kalsium, vitamin D dan zinc.

Apa saja Jenis Multiitamin harian tersebut?

Bagi para pemula, merupakan sebuah gagasan yang bagus untuk setiap wanita agar mengkonsumsi multivitamin harian, diantaranya vitamin c (200 sampai 1000 mg per hari)) dan vitamin B-complex. Vitamin-vitamin B yang merupakan bagian dari vitamin B-complex yaitu thiamine (vitamin B-1), riboflavin (vitamin B2), niacin (vitamin B3), asam panothenat (vitamin B5), pyridoxine (vitamin B6), biotin, asam folat, and cobalamin (vitamin B12). Kebanyakan dari multivitamin juga berisi kandungan tambahan zinc, vitamin A dan vitamin E untuk kesehatan kulit dan fungsi kekebalan atau daya tahan tubuh, serta melindungi dan melawan berbagai jenis penyakit.

Kekuatan Tulang

Tulang wanita membutuhkan perawatan ekstra untuk membantu menjaga massa tulang dan menghindari kemungkinan terjadinya osteoporosis di kemudian hari. Seorang ahli gizi bernama jackie keller mengatakan " wanita membutuhkan kalsium pada semua tahapan kehidupan yang dilaluinya, dan pada umumnya mereka tidak mendapatkan cukup kalsium dari sumber diet makanan." Mencari sebuah suplemen kalsium itu, dikombinasikan dengan diet dan apakah anda mungkin mendapatkan multivitamin, berikan kepada diri anda sekitar 1000 mg kalsium per hari, 1200 mg kalsium per hari apabila anda berusia diatas 51 tahun. Guna perlindungan tulang lebh lanjut, para dokter merekomendasikan juga untuk menggunakan suplemen vitamin D dengan dosis 400 IU tiap hari pada saat minum kalsium.

Asam Lemal Omega-3

Asam lemak omega-3 adalah petimbangan penting untuk kesehatan tubuh. Untuk wanita, asam lemak omega-3 melindungi dan melawan terhadap kondisi-kondisi kesehatan seperti osteoporosis, penyakit jantung dan depresi. Sumber-sumber makanan yang mengandung omega-3 antara lain: ikan yang hidup di air dingin seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, sumber lain yaitu walnut, flaxseed dan minyak canola (Minyak canola adalah minyak yang rendah akan lemak jenuh, dan mengandung kadar Omega-3 tingkat tinggi, diproduksi di canada, berasal dari tanaman brassica napus dan brassica rapa).

Bentuk-bentuk umum suplemen omega 3 adalah kapsul minyak ikan (1000-4000 mg per hari) dan flaxseed giling (1 sendok makan (15 ml dengan dosis 1 atau 2 kali dalam sehari.

Flaxseed adalah makanan alami untuk kesehatan dan nutrisi prima tanpa bahan pengawet serta zat pewarna. Merupakan sumber omega-3 terbaik dan serat pelarut (soluble fiber).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar