Kamis, 16 April 2009

Asap Rokok dan Bahayanya Pada Binatang Peliharaan Anda

Apakah anda tahu bahwa merokok di dalam rumah dapat membunuh binatang peliharaan rumah anda?. Anjing, kucing dan burung telah terbukti terpengaruh dengan asap rokok. Penelitian dari Colorado State University menemukan bahwa asap tembakau dari sisa orang merokok berpengaruh jelas pada anjing dan potensi anjing untuk terserang penyakit. Satu penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak anggota keluarga yang merokok, semakin tinggi pula resiko berkembangnya jenis kanker tertentu pada anjing peliharaan mereka.

Hal tersebut seperti sebuah hubungan langsung bahwa anjing dengan hidung yang panjang mempunyai resiko lebih hebat berkembangnya kanker tertentu pada hidung dan sinus anjing, seperti mereka terpapar lebih banyak karsinogen pada jaringan pada saat mereka menghirup udara lingkungan. Anjing dengan hidung pendek dan sedang lebih mudah terkena kanker paru, karena karsinogen lebih cepat melintasi hidung dan menetap atau tinggal di dalam paru-paru.

Demikian juga, sebuah studi yang diselesaikan di Tufts College of Veterinary Medicine menemukan bahwa kucing yang terpapar asap rokok mempunyai potensi lebih tinggi untuk berkembangnya jenis kanker mulut yang sering terjadi pada korban nyata (perokok) disebut karsinoma sel squamous.

Hal tersebut diduga karena perilaku mengurus/membersihkan kucing, selaput lendir mulut mereka terpapar bahan-bahan kimia yang bisa menjadi sebab timbulnya kanker. Kucing-kucing yang tinggal bersama perokok juga mempunyai 2 kali lipat lebih mungkin untuk berkembangnya kanker limfoma yang ganas, yaitu sebuah kanker yang terjadi dalam kelenjar limfa dan kanker ini bersifat fatal/mematikan pada 3 dari empat kucing dalam 12 bulan dari berkembangnya kanker jenis ini.

Siapapun yang bersama burung peliharaan mengetahui untuk menghindari penggunaan panci yang dilapisi teflon karena sistem respiratori/pernafasan burung sensitif, oleh sebab itu tidak mengherankan lagi bahwa burung juga beresiko terkena kanker paru-paru, juga pneumonia dari asap rokok.

Dari 5000 bahan-bahan kimia yang diidentifikasi dalam asap tembakau, para pengambil kebijakan dalam bidang kesehatan mengelompokkan antara 45 dan 70 dari bahan-bahan kimia itu (antara lain karsinogen, irritant dan bahan beracun lainnya) sebagai penyebab potensial yang berdampak berbahaya dari penggunaan tembakau.

Berdasarkan pada pusat pengendalian dan pencegahan penyakit amerika serikat, lebih dari 126 juta warga amerika yang tidak merokok terpapar dengan asap rokok dari para perokok di rumah mereka sendiri, di kendaraan/alat lain, tempat kerja dan tempat-tempat umum. Paparan asap rokok ini menyebabkan ribuan kanker paru dan penyakit jantung yang mematikan diantara orang-orang yang tidak merokok setiap tahun, berdasar pada California Environmental Protection Agency. Sekarang kita dapat menambahkan hewan pada statistik yang menyedihkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar