Sabtu, 02 Mei 2009

5 Cara Menghindari Faktor-Faktor Resiko Penyakit Jantung dari Gaya Hidup Yang Menetap

Selalu bergerak, tetap aktif, dan menjadi termotivasi dengan tip-tip jantung sehat.

Ada beberapa faktor penyebab penyakit jantung yang dapat anda ubah, termasuk umur, jenis kelamin, ras atau riwayat penyakit keluarga/keturunan. Tapi pola dan gaya hidup yang tetap, dengan pengertian bahwa anda tidak mengikutsertakan aktifitas fisik secara teratur-adalah satu faktor resiko yang anda dapat berbuat sesuatu untuk mengubahnya. Dan karena aktifitas fisik juga berdampak positif pada faktor-faktor resiko yang lain seperti tingkat stress, kegemukan, tekanan darah, kadar triglyceride darah, kadar kolesterol, dan diabetes. Ada banyak alasan mengapa kita bergerak, beraktifitas fisik atau olahraga.

Ubah perilaku gaya hidup anda

Anda adalah orang yang mengatur pola dan gaya hidup anda sendiri,demikianlah perkataan dari Robert Ostfeld, MD, seorang professor dari pengobatan klinik pada Montefiore Medical Center di New York City. Dr. Ostfeld menegaskan bahwa mengadopsi perilaku sehat, melakukan pemeriksaan rutin dan teratur, dan makan makanan seimbang semuanya dapat membuat perbedaan berarti pada kesehatan. Kita dirancang untuk menjadi aktif, “bukan untuk duduk dibelakang meja atau kursi malas sepanjang hari”.

Periksa ke dokter dan bergeraklah.

Untuk meningkatkan kesehatan jantung anda, para ahli dari American Heart Association menyarankan olahraga kesehatan jantung secara rutin yang konsisten antara 30 sampai 60 menit aktifitas fisik ringan di sebagian besar hari-hari selama satu pekan (4-6 kali dalam seminggu). Namun, sebelum memulai olahraga apapun bentuknya sebagai bagian dari cara hidup, hal penting yang lebih dulu anda lakukan adalah berkonsultasi dengan dokter, khususnya apabila anda:
  1. Usia setengah baya atau lebih.
  2. Saat ini tidak aktif berolahraga.
  3. Kegemukan atau kelebihan berat badan/overweight.
  4. Beresiko terserang penyakit jantung.
  5. Memiliki gangguan medis lain, apapun bentuknya.
5 cara untuk tetap aktif:

Setelah anda jelas tentang dan untuk berolahraga, berikut ini adalah 5 saran bagaimana untuk memulainya:

1. Pemanasan dan pendinginan

Mulailah dengan melakukan pemanasan dengan peregangan-peregangan sederhana yang akan membantu meningkatkan fleksibilitas sendi-sendi, melemaskan, melenturkan otot-otot. Rentangkan atau regangkan kaki, punggung dan anggota tubuh dan kemudian berjalan santai selama 5 menit. Ketika anda selesai melakukan aktifitas fisik utama, lakukan pendinginan dengan pergangan(stretching) ringan seperti peregangan sebelum memulai olaharaga.

2. Tingkatkan irama detak jantung

Olahraga kardiovaskuler adalah olahraga terbaik untuk jantung dan paru-paru anda, oleh sebab itu cobalah untuk melibatkan diri anda dalam aktifitas aerobik, seperti berjalan, jogging, bersepeda, berenang atu golf ( yang sebaiknya dilakukan dengan berjalan apabila menuju dari lubang ke lubang) dengan durasi waktu aktifitas selama 30-60 menit di sebagian besar hari-hari selama satu pekan (4-6 kali dalam seminggu).

3. Bangun kekuatan tubuh anda

Latihan menguatkan tubuh, seperti angkat beban, olahraga pilates atau yoga, atau aktifitas olahraga lain seperti pushup, squat (jongkok berdiri), angkat beban dengan dumbbell yang melatih otot dan menguatkan otot bisep, atau bisa juga dengan membawa, mengangkat barang belanjaan makanan anda, menaiki tangga dengan berjalan dan jangan gunakan lift eskalator, mengangkat pakaian kotor anda dengan tangan, semua hal-hal tersebut bisa turut berperan pada keseluruhan dari kekuatan, keseimbangan, koordinasi dan tonus otot.

4. Gunakan waktu luang anda untuk olahraga ekstra.

Gunakan waktu kosong anda dengan melakukan sit-up, squat, gerakan maju dengan cepat, atau angkat beban yagn memfokuskan otot bisep lengan sambil menonton televisi. Berjalan atau mengangkat kaki atau aktifitas fisik lain ketika anda sedang menelepon. Berlari di sekitar rumah dan bermain dengan anggota keluarga misalnya anak anda, atau dengan hewan peliharaan anda untuk melakukan olahraga ekstra. Parkirkan mobil, motor atau kendaran bermotor lebih jauh dari pintu masuk tempat kerja, sekolah, kantor, mall, atau tempat tujuan anda yang lain dan lanjutkan dengan jalan kaki untuk menuju tempat tujuan anda serta cobalah gunakan alat pengukur langkah.

5. Motivasi diri anda.

Bergabunglah dengan sebuah klub atau tempat-tempat olahraga/fitnes, lakukan dansa atau kelas angkat beban, memulai program fitness online, atau mendaftarkan diri dalam sebuah kelompok olahraga dan kebugaran. Semua itu adalah cara-cara yang tepat dalam membangkitkan dan menjaga motivasi dan menjaga tanggung jawab anda akan gaya hidup aktif anda yang baru.

“Olahraga adalah fondasi yang nyata dari muda’seperti yang dikatakan oleh Ostfeld. “Jika anda berjalan dengan enak, berjalanlah. Jika anda suka bermain tennis, maka bemainlah. Apabila olahraga polo air cocok dan anda sukai, lakukanlah olahraga ini. Apapun aktifitas fisik yang anda lakukan itu enak, enjoy itu sangat bagus untuk kesehatan anda. Dan apapun olahraga yang anda lakukan akan selalu lebih baik daripada tidak berolahraga sama sekali.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar