Sabtu, 02 Mei 2009

Diet Untuk Penderita Diabetes

Diet Untuk Penderita Diabetes
Banyak yang beranggapan bahwa penderita diabetes harus makan makanan khusus dan selalu mengikuti pola makan atau diet yang terprogram secara kompleks. Anggapan tersebut tidak selalu benar, karena tujuan utama dari diet diabetes adalah menjaga kadar glukosa darah pada batas normal. Untuk itu, maka sangat penting bagi kita terutama penderita diabetes untuk mengetahui efek makanan pada glukosa darah. Untuk itu diet diabetes seharusnya meliputi makanan reguler, dan suatu diet seimbang dari makanan yang bergizi tanpa meninggalkan rasa lezat.

Bagi kebanyakan orang, menderita diabetes berarti merubah pola makan dari berbagai jenis makanan yang seimbang dan mengatur jadwal makan reguler. Jika selama ini anda telah memiliki jadwal dan pola makan yang sehat, anda tidak perlu merubahnya untuk tetap memiliki kadar gula darah normal.

Untuk diet diabetes, makanan yang dianjurkan adalah makanan yang kaya serat seperti sayur-mayur dan buah-buahan segar. Sebagai variasi, anda masih bisa makan makanan favorit anda dan anda juga bisa coba beberapa makanan yang belum pernah anda makan sebelumnya. Yang terpenting adalah jangan terlalu mengurangi jumlah makan anda karena akan mengakibatkan kadar gula darah yang sangat rendah (hypoglycemia), dan juga jangan terlalu banyak makan makanan yang memperparah penyakit diabetes anda.

Banyak penderita diabetes berjuang untuk hidup dengan cara tetap menjaga berat badan ideal, tetapi pada penelitian para ahli menunjukkan bahwa hal itu tidak banyak membantu dalam mengendalikan kadar gula darah.

Para ahli gizi dan tenaga medis mengatakan bahwa tidak ada suatu diet khusus bagi penderita diabetes, tetapi penderita perlu mengikuti petunjuk ilmu gizi dalam pola makannya, dengan memberikan perhatian khusus pada asupan karbohidrat. Dalam artian bahwa penderita harus mengkonsultasikan dengan para ahli gizi dan tenaga medis untuk merencanakan diet yang sehat. Hal ini dikarenakan karena diet diabetes harus disesuaikan dengan kondisi tubuh dari penderita, dimana kondisi tubuh dari tiap-tiap individu penderita berbeda-beda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar