Jumat, 01 Mei 2009

Diabetes Type 1

Diabetes Type 1
Dalam dunia kesehatan, diabetes (kencing manis) menjadi suatu masalah serius karena jumlah penderita terus meningkat di seluruh dunia. Dengan populasi dunia yang terus meningkat dan rendahnya pelayanan kesehatan pada beberapa negara, menyebabkan masalah diabetes terus meningkat.

Diabetes merupakan suatu penyakit metabolisme tubuh, dimana terdapat gangguan pada tubuh dalam proses mencerna makanan untuk energi dan pertumbuhan.Dalam proses metabolisme, sebagian besar makanan yang kita konsumsi diproses oleh sistem pencernaan tubuh kita dan dirubah dalam bentuk gula yang disebut glukosa. Glukosa dalam tubuh kita bisa dikatakan sebagai bahan bakar untuk beraktifitas. Ketika kita makan, dan makanan tersebut diproses oleh sistem pencernaan, secara normal pankreas melepaskan hormon insulin ke dalam darah dengan jumlah yang tepat sehingga menghasilkan glukosa darah dalam jumlah yang tepat pula. Karena disini yang bertugas dalam mengatur keseimbangan glukosa darah adalah hormon insulin dengan cara merubah glukosa menjadi energi.

Pada penderita diabetes, hormon insulin tidak dapat diproduksi atau sel tubuh tidak merespon dengan benar hormon insulin yang diproduksi. Sehingga glukosa yang terdapat dalam darah tidak dapat dirubah menjadi energi dan jumlahnya terus meningkat. Dalam konsentrasi tertentu glukosa masuk dalam urin untuk membantu proses pembuangan glukosa darah yang berlebih. Akibat lebih lanjut adalah tubuh kekurangan sumber energi utama walaupun dalam darah terdapat banyak glukosa.

Ada tiga jenis diabetes, yaitu type 1, type 2 dan diabetes gestational. Diabetes yang disebabkan karena kekurangan insulin, disebut sebagai diabetes type 1 yang dikenal sebagai insulin-dependent. Diabetes type 1 merupakan penyakit auto-immune dimana sistem pertahanan tubuh alami menghancurkan bagian tubuh yang lain. Dalam kasus diabetes type 1 ini, sistem tubuh menyerang dan merusak sel-sel yang memproduksi hormon insulin, sehingga pankreas tidak dapat memproduksi hormon insulin. Dan untuk mempertahankan hidupnya, penderita diabetes type 1 ini membutuhkan suntikan hormon insulin setiap harinya. Dari seluruh kasus diabetes, 5% sampai 10% adalah diabetes type 1.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar