Minggu, 10 Mei 2009

6 Cara Mudah dan Sederhana Bagi Wanita Untuk Jadi Sehat Setiap Hari

Dengan mengurangi jumlah konsumsi kalori yang masuk ke dalam tubuh dan aktif secara fisik, para wanita dapat mengurangi kesempatan mereka mengalami kelebihan berat badan dan atau kegemukan. Mereka juga bisa mengurangi faktor resiko berkembangnya penyakit-penyakt tertentu yang mengancam jiwa dan kehidupan mereka, seperti penyakit jantung, stroke dan beberapa kanker tertentu.

Berikut ini adalah beberapa tips makan, diet sehat dan aktifitas fisik:
  1. Mulailah aktifitas harian anda dengan sarapan pagi. Sarapan pagi akan mengisi kantorng perut anda yang kosong yang dikarenakan sepanjang malam tidak terisi oleh makanan. Persiapan sederhana dalam menyiapkan sarapan pagi termasuk diantaranya makanan sereal (nasi, jagung, gandum atau makanan dari golongan biji-bijian) dengan buah dan susu rendah lemak, roti dari tepung terigu dengan Pindakas (selai dari mentega dan kacang tanah) dan wafel/kue sepit dari biji-bijian padi.

  2. Bergerak. Sangat mudah dan simple untuk melakukan aktifitas fisik yang cocok bagi anda dalam rutinitas aktifitas anda. Berjalan-jalan, bersepeda, atau jogging saat berkunjung ke rumah teman-teman anda. Naik tangga manual sebagai ganti dari escalator atau elevator dan lift ketika d pusat-pusat perbelanjaan, parkir kendaraan pada tempat parkir yang lebih jauh dari tempat tujuan (mall, pasar,dll) kemudian lanjutkan dengan berjalan kaki. Lakukan 10 menit aktifitas istirahat setiap jam ketika anda membaca atau menonton televisi. Lakukan hal-hal itu sedikitnya 30 menit pada sebagian banyak dari hari-hari dalam satu minggu jika tidak dapat anda lakukan penuh dalam satu minggu.

  3. Pilih makanan ringan dengan benar dan cerdik. Pilihkan makanan ringan atau snack dari kelompok-kelompok makanan yang berbeda; satu gelas susu rendah atau tanpa lemak, sebuah apel, atau stick seledri dengan Pindakas.

  4. Berkeringat. Bersemangat, giat dalam latihan dan lakukan secara teratur – Ketika anda bernafas dengan kuat, cepat dan berkeringat akan berpengaruh pada peningkatan kesehatan jantung dan paru-paru anda, membantu mengurangi/menghilangkan stress dan kecemasan, dan mengurangi pengaruh-pengaruh penuaan dalam diri anda.

  5. Pemilihan makanan seimbang. Pemilihan makanan yang anda konsumsi berdasar pada departemen pertanian amerika serikat berdasarkan perencanaan piramida makanan dan mengamati label kandungan makanan pada makanan yang dikemas akan membantu anda mendapatkan nutrisi-nutrisi atau zat gizi yang anda perlukan sehingga tidak melebihi kebutuhan jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh anda sesuai dengan jenis kelamin, aktifitas anda.

  6. Membuat aktifitas makan dan olahraga yang menyenangkan. Dapatkan keuntungan-keuntungan dari aktifitas fisik/olahraga yang anda lakukan secara bersama-sama dengan teman atau seluruh anggota keluarga. Jadikan aktiftias fisik-olahraga sebagai cara hidup dan bagian dari hidup anda yang menyenangkan dan makanlah makanan-makanan yang sehat dan anda sukai. Jadilah orang yang suka berpetualang- mencoba olahraga baru, game/permaianan, dan aktifitas-aktifitas lain seperti halnya makanan yang baru.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar