Selasa, 12 Mei 2009

Menggunakan Antibiotik Dengan Bijaksana

Antibiotik sangat handal dalam melawan bakteri, tapi mereka tidak berpengaruh banyak pada virus-virus yang menyebabkan pilek, influensa, sakit ternggorokan dan bronkhitis/bronchitis. Hal yang sesungguhnya benar bahwa meminum obat antibiotik ketika mereka tidak diperlukan akan meningkatkan resiko terjadinya resistensi infeksi karena antibiotik di kemudian hari. Berikut ini adalah 7 cara untuk menggunakan antibiotik dengan bertanggung jawab:
  1. Apabila anda mendapat resep antibiotik, minumlah sesuai dengan instruksi dan perintah dokter. Lanjutkan seluruh obat/pwngobatan yang diberikan (sampai antibiotik yang diresepkan habis) bahkan jika anda sudah merasa baikan. Apabila pengobatan berhenti terlalu cepat, beberapa bakteri bisa hidup dan kembali menginfeksi atau menyerang anda kembali.

  2. Jangan meminum antibiotik untuk kasus infeksi yang dikarenakan virus seperti pilek, batuk atau influenza

  3. Jangan meminta antibiotik ketika dokter mengatakan bahwa antibiotik tidak diperlukan untuk pengobatan penyakit anda. Antibiotik tidak akan membantu mengobatai infeksi anda.

  4. Ketika anda mendapatkan resep antibiotik, jangan melewati dosis yang diberikan.

  5. Jangan simpan antibiotik untuk kebutuhan waktu yang akan datang ketika anda sakit.

  6. Jangan minum antibiotik yang diresepkan untuk orang lain. Antibiotik mungkin tidak tepat untuk penyakit yang anda derita. Meminum obat yang salah bisa berakibat pada lambatnya penyembuhan yang tepat dan akan membiarkan bakteri menggandakan diri atau berkembang bertambah banyak.
Langkah-langkah tersebut diatas bermaksud untuk mencegah terjadinya resistensi infeksi kuman, bakteri terhadap antibiotik, yang disebut sebagai salah satu masalah kesehatan masyarakat dunia yang paling menekan. Pada saat antibiotik gagal bekerja, konsekuensinya adalah penyakit akan bertahan lebih lama, perlu lebih banyak kontrol, monitor atau periksa ke dokter atau masa perawatan di rumah sakit yang lama, dan memerlukan biaya yang mahal dan mungkin terjadi keracunan obat. Beberapa resistensi infeksi karena antibiotik dapat menyebabkan kematian.

Gunakan antibiotik anda secara bertanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar