Sabtu, 09 Mei 2009

Gigi Sehat; 7 Langkah Menuju Senyum Cerah dan Cemerlang

gigi sehat putih cemerlang senyum ceriaMeningkatkan kesehatan dan memperlihatkan gigi anda yang, indah, sehat dan senyum putih dengan tip berikut guna perawatan gigi. Tidak mengherankan lagi bahwa senyum putih dan cemerlang membuat anda tampil lebih muda dan lebih atraktif. tapi mulut juga merupakan pintu gerbang ke tubuh anda, yang artinya keadaan gigi dan gusi anda mempengaruhi kesehatan anda secara keseluruahn. Ikuti 7 langkah agar senyum anda menjadi lebih cerah dan cemerlang:

Gosok gigi secara teratur

Menggosok gigi merupakan ujung tombak pertama dari kebersihan dan kesehatan gigi. Dengan menggosok gigi dapat menghilangkan partikel-partikel makanan yang menjadi tempat hidup dan berkembangnya bakteri, membersihkan gigi, dan menyegarkan pernafasan. Pasta gigi dengan kandungan zat fluoride membantu menguatkan gigi, tapi anda harus menggosoknya sekurang-kurangnya 2 menit agar fluoride dapat bekerja sebagaimana fungsinya seperti yang dikatakan oleh Jonathan Abenaim, DDS, seorang dokter gigi pribadi di Hawthorne, N.J. Dia juga mengatakan ada banyak sikat gigi elektrik yang sudah mempunyai pengatur waktu 2 menit, yang dapat membuat gosok gigi anda dalam jumlah waktu penuh 2 menit dengan mudah.

Membersihkan sela-sela gigi tiap hari.

Membersihkan sela-sela gigi dapat menghilangkan bakteri dari dalam di antara gigi-gigi anda yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi anda, yang akan membantu timbulnya penyakit atau gangguan pada gusi. Dr. Abenaim menyarankan agar membersihkan sela-sela gigi 2 kali sehari, namun apabila anda hanya dapat melakukannya satu kali dalam sehari, pastikan untuk melakukannya sebelum anda tidur. Ketika anda tidur, anda memproduksi sedikit saliva/air liur, yang meniggalkan gigi dan gusi yang sangat mudah diserang oleh bakteri.

Periksa ke dokter secara teratur

Periksa ke dokter gigi anda sediktinya 2 kali dalam satu tahun guna pembersihan gigi secara lengkap. Dokter gigi anda dapat melihat tanda-tanda dari gangguan, masalah atau penyakit gusi dengan lebih awal, yang mana dengan deteksi dini, masalah dapat dideteksi dan diobati dengan lebih gampang pada saat masalah, gangguan atau penyakit terdeteksi pada tahap awal penyakit. Apabila anda mudah terkena penyakit pada gusi dan gigi berlubang, pertimbangkan untuk periksa ke dokter setiap 4 bulan.

Dengan cara yang sama, jika anda memiliki masalah kesehatan lain yang berdampak pada resiko tinggi terjadinya masalah pada gigi anda (seperti diabetes, atau HIV, kanker atau sedang menjalani kemotherapy), tanyakan kepada dokter gigi seberapa sering sebaiknya anda periksa ke dokter. Pola kesehatan gigi khusus sebaiknya diterapkan pada ibu hamil, penderita diabetes, dan siapapun yang sedang menjalani pengobatan kemoterapi atau menggunakan obat-obatan yang dapat berpengaruh pada gusi (seperti anti epilepsi/kejang) atau pengering mulut (termasuk obat-obat penyakit jiwa).

Cara bijaksana adalah dengan memeriksakan mulut anda secara teratur untuk mendeteksi tanda-tanda terjadinya masalah, seperti sakit/luka pada bibir atau mulut yang tidak sembuh atau dibagian dalam pipi, gusi yang bengkak atau sensitif atau perdarahan pada gusi. Apabila anda merasakan adanya tanda-tanda masalah tersebut, segera lakukan pemeriksaan dan luangkan waktu anda pergi ke dokter gigi.

Makan dan diet sehat.

Makan dan diet sehat antara lain banyak minum susu dan makanan yang kaya akan kalsium, seperti sarden dan kol dalam diet dan asupan makanan anda. Kalsium membantu menjaga kekuatan tulang dan gigi, dan vitamin C dalam buah jeruk dapat meningkatkan kesehatan gusi.
Makanan yang mengandung gula atau yang manis-manis dan lengket yang yang melekat pada celah-celah gigi anda sangat tidak baik bagi kesehatan gigi anda, gula sebagai makanan bakteri dan mengeluarkan asam yang menyebabkan gigi berlubang. Apabila anda memakan permen atau makanan yang manis-manis, usahakan menggosok gigi dengan segera setelah memakan makanan tersebut. Atau jika hal itu tidak mungkin anda lakukan, bilas gigi anda dengan air, saran dari Herman Waldman, DDS.

Jangan merokok atau menggunakan produk hasil tembakau meskipun tanpa asap.

Berdasarkan studi penelitian yang dilakukan oleh the Journal of Periodontology , Para perokok beresiko 4 kali lebih tinggi berpenyakit gusi daripada mereka yang tidak merokok. Menggunakan produk tembakau meskipun tanpa asap akan menigkatkan resiko seseorang terserang kanker mulut, termasuk bibir, lidah, pipi dan gusi. Pada skala yang lebih kecil, produk hasil tembakau turut berdampak pada nafas yang tidak segar dan berbau.

Memutihkan gigi

Dengan memanfaatkan produk kosmetik pemutih yang aman dan tidak merugikan gigi anda selama produk digunakan secara langsung dan dalam perawatan dokter gigi. produk-produk pemutih yang ada di toko-toko obat efektif untuk noda kecil; produk pemutih yang kuat dan profesional lebih digunakan untuk noda yang lebih parah (sudah menguning). Bicarakan dengan dokter gigi tentang produk-produk pemutih gigi sebelum menggunakan prosedur pemutihan gigi dengan produk-produk pemutih untuk kepastian kesehatan gigi dan gusi anda.

Mempertimbangkan prosedur-prosedur kecantikan

Hal pertama yang orang lihat ketika mereka bertemu dengan anda adalah senyum anda, gigi tidak lurus/bengkok, noda pada gigi (gigi kuning), atau gigi yang tidak lengkap yang dapat mempengaruhi kepercayaan diri anda. Sudah ada kemajuan yang luar biasa pada dasawarsa yang lalu tentang kosmetik atau kecantikan gigi, dan kemajuan-kemajuan itu sangat mungkin guna mengatasi masalah-masalah kecantikan gigi seperti yang disebutkan diatas. Pemasangan veneer dan ortodontis untuk memperbaiki gigi yang bengkok/tidak lurus, noda-noda gigi, atau bentuk gigi yang aneh dan untuk meluruskan gigi adalah hanya 2 dari berbagai tawaran prosedur kecantikan.

veneer merupakan suatu cara yang ditunjang oleh teknologi dan bahan lapisan porselan sangat tipis yang ditempatkan pada gigi menggantikan email yang sangat modern sehingga menjadi suatu alat yang sangat penting dalam kosmetika atau kecantikan gigi.

Ortodontis adalah salah satu dari tujuh cabang ilmu kedokteran gigi. Dimana dalam cabang ilmu ini mencakup antara lain oklusi atau terkatupnya gigi geligi atau kedaan di mana gigi rahang atas bertemu rahang bawah. Kelainan oklusi (maloklusi) dapat dibagi menjadi tiga tingkat, mulai dari susunan tidak rata atau berjejal, gigi tonggos (overbite), hingga perkembangan rahang yang tak harmonis.

Akan tetapi, kebanyakan kosmetik dalam dunia kesehatan gigi tidak dijamin dengan asuransi, dan kosmetik dalam dunia kesehatan gigi dapat sangat mahal. Maka dari itu sanagt penting untuk berkonsultasi secara terjadwal dengan dokter ahli kosmetik dan kecantikan gigi handal dan berpengalaman sebelum menjalani prosedur apapun guna kecatikan gigi anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar