Selasa, 02 Juni 2009

Menghadapi Nyeri/Sakit Punggung Kronis

Ada langkah praktis, sederhana yang bisa anda pilih dan akan membantu anda dalam menghadapi, mengelola dan mengurangi nyeri/sakit punggung kronis. Diperkirakan bahwa nyeri punggung merupakan isu kedua yang paling umum yang menjadi sebab dan alasan kenapa orang periksa dan pergi ke dokter. Nyeri/sakit punggung kronik juga merupakan nyeri neurological (neurological pain) kedua yang paling sering ada, setelah nyeri/sakit kepala.

Ketika anda memiliki nyeri/sakit punggung kronik, reaksi pertama adalah melindungi punggung anda dan menghindari nyeri yang lebih banyak lagi, barangkali dengan tetap di tempat tidur atau dengan beraktifitas seminimal mungkin. Apakah cara dan ide ini benar-benar baik? Tidak, begitulah yang dikatakan Malton A. Schexneider, PT, MMSc., seorang fisioterapis Kentucky dan ahli di bidang nyeri/sakit punggung.

Beliau juga mengatakan, penelitian telah menunjukkan berkali-kali bahwa aktifitas merupakan kunci guna mengembalikan kesehatan. “Kecenderungan yang terjadi berkaitan dengan aktifitas adalah aktifitas kurang begitu dilakukan, namun hal itu hanya akan berakibat buruk pada akhirnya.

Perkataan itu, menyatakan bahwa jenis dan tipe aktifitas yang anda lakukan berperan penting. Aktifitas yang beresiko atau berdampak tinggi, terlalu memforsir tenaga yang berpengaruh pada guncangan atau getaran pada punggung anda sepertinya tidak begitu membantu seperti pada semua aktifitas yang bisa meningkatkan kesehatan anda secara umum. Dan aktifitas olahraga atau latihan yang melibatkan penekukan/membengkokkan dan menjadi bengkok itu lebih banyak buruk/sakitnya daripada sehat/ pengaruh baiknya.

Sebagai tambahan, anjuran umum untuk melakukan gerakan/bergerak bukan berarti bahwa anda tidak perlu berhenti dan mengistiratkan kaki anda apabila nyeri atau sakit yang tidak enak. Pada kenyataanya, satu atau dua hari istirahat total juga bisa membantu pada beberapa kasus. Akan tetapi, jika anda berbaring di tempat tidur, berhati-hatilah berbaring pada posisi yang tidak memperburuk nyeri atau sakit punggung. Hal ini biasanya berarti anda berbaring pada posisi miring, dengan meletakkan bantal diantara lutut anda atau, apabila anda lebih menyukai berbaring dengan posisi tengadah (menggunakan punggung anda), dengan sebuah bantal dibawah lutut anda.

Menghadapi nyeri/sakit punggung kronis.

Berikut ini beberapa tip yang mungkin bisa membantu anda di rumah dalam mengobati nyeri./sakit punggung kronik.

Pertimbangkan penggunaan obat-obat pembunuh rasa nyeri (pain killer medication). Gunakan obat-obat medis penghilang rasa nyeri yang bisa anda beli di apotek-apotek tanpa resep dokter seperti ibuprofen atau acetaminophen. Konsultasikan dengan dokter guna memastikan bahwa obat-obat tersebut aman untuk anda konsumsi karena kemungkinan efek samping yang bisa ditimbulkan dari obat-obat medis tersebut.

Kompres panas dan dingin. Terapi mandiri (bisa anda lakukan sendiri) ini bisa membantu banyak penderita nyeri punggung kronik. Gunakan es yang anda masukkan dalam kantung atau disebut dengan cold hot packs dan kompreskan selama 20 menit dan kemudian dengan cara yang sama tapi dengan air panas (hot pack) selama 20 menit, kemudian diikuti dengan kompres es lagi. Pastikan untuk tidak menaruh es atau panas secara langsung kontak dengan kulit; anda bisa menggunakan sebuah handuk atau kain tenun guna membungkus cold hot packs yang akan membantu anda mencegah terjadinya panas atau kedinginan/hingga membeku.

Jangan berdiri terus. Jika anda terpaksa harus berdiri dalam jangka waktu yang lama sebagai contoh mungkin karena anda bekerja sebagai cashier, atau sedang memasak hidangan yang banyak untuk keluarga besar anda, gunakan bangku atau kursi yang tidak memakai sandaran (stool) dimana dengan alat ini anda bisa mengistirahatkan satu kaki anda sedikit lebih tinggi dari kaki yang satunya. Hal ini merubah pusat keseimbangan dan membebaskan beberapa tekanan pada punggung anda.

Mengangkat dengan hati-hati. Apabila anda harus mengangkat atau memungut benda-benda keluar dari lantai, ingatlah untuk menekuk lutut, bukan pinggang.

Duduk yang cerdas. Pilihlah kursi yang menyokong punggung bawah anda atau letakkan sesuatu seperti sebuah bantal kecil diantara punggung bawah anda dan belakang kursi guna menyediakan penyokong tambahan.

Jangan menyerah. Periksalah ke dokter untuk mengetahui apa yang bisa dilakukan untuk membantu masalah anda. Mengobati nyeri punggung kronik merupakan suatu proses dan ada suatu alasan mengapa anda mengalaminya. Perlu terus dilakukan penelitian berkelanjutan untuk mengetahui penyebab dan pengobatan yang tepat bukannya hanya mencoba mengobati gejala-gejalanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar