Senin, 08 Juni 2009

Nyeri/Sakit Punggung Berat: Kapan dan Kondisi Seperti apa Sebaiknya Periksa Ke Dokter?

Bagaimana mengetahui tanda-tanda bahaya nyeri punggung yang membutuhkan perawatan dokter atau seorang yang professional dalam bidang tersebut? Nyeri atau sakit atau gangguan pada punggung yang ringan seringkali bisa kita atasi dengan sedikit kompres es atau panas dan istirahat yang cukup banyak. Akan tetapi, jika cara itu sudah anda coba dan metode yang dilakukan benar, namun hanya sedikit nyeri yang teratasi, mungkin inilah waktunya berkonsultasi atau periksa ke dokter tentang pilihan pengobatan lain untuk mengatasi nyeri /sakit punggung anda.

Tanda-tanda Nyeri/sakit punggung berat yang sebaiknya memerlukan pemeriksaan dokter.

Nyeri punggung dapat disebabkan karena berbagai penyebab, dan kebanyakan dari penyebab tersebut tidak pernah anda cemaskan. Tapi, yang sebaiknya perlu selalu anda ingat bahwa penyebab yang sebenarnya dari nyeri punggung bisa merupakan sesuatu yang serius yang memerlukan pengobatan serius pula.

Menurut William O. Witt, MD, seorang spesialis nyeri pada University of Kentucky dan pimpinan dari UK HealthCare's Interventional Pain Associates, mengatakan bahwa Pengaruh penuaan/usia menjadi alasan yang sangat umum dari nyeri/sakit punggung, tapi sangat penting untuk mengingat bahwa nyeri punggung mungkin merupakan gejala dari banyak hal yang lebih serius, misalnya serangan jantung (heart attack), aortic aneurysm (abnormalitas pada pembuluh darah aorta), peradangan pada abdomen dan pelvic, kanker dan banyak penyakit lainnya. Maka dari itu jangan biarkan nyeri punggung anda dan segera konsultasikan dengan dokter.

Dalam pikiran anda mungkin merasa dan ingin menunda untuk periksa dan berkonsultasi dengan dokter, namun jika anda mengalami nyeri punggung berat dan tanda-tanda berikut ini muncul, anda sungguh benar-benar perlu dievaluasi dan periksa ke dokter:
  1. Nyeri yang tidak mau pergi. Apabila nyeri punggung hebat yang anda rasakan tidak reda dalam tiga atau 4 minggu, anda sebaiknya diperiksa atau periksa ke dokter.
  2. Nyeri punggung berat/hebat yang meluas keluar punggung. Periksa ke dokter jika anda mengalami nyeri yang menembak turun ke kaki (khususnya semua daerah yang menuju ke bawah kaki anda). Hal ini bisa mengindikasikan sesuatu yang lebih serius dari sekedar otot yang tegang, seperti rusaknya piringan pada vertebrae dari tulang punggung.
  3. Mati rasa/numbness. Apabila nyeri punggung disertai dengan gejala mati rasa atau terasa geli pada tungkai kaki, punggung, atau dibagian manapun dari tubuh anda, anda sebaiknya segera periksa ke dokter. Apapun bentuk kelemahan yang anda alami sebaiknya juga perlu dievaluasi oleh dokter.
  4. Nyeri setelah cedera/kecelakaan. Jika nyeri mulai ada/timbul setelah jatuh atau kecelakaan atau cedera dari bermain olahraga atau melakukan aktifitas lainnya, anda sebaiknya dievaluasi dan diperiksa oleh dokter.
  5. Nyeri yang bertambah parah pada waktu-waktu tertentu. Periksalah ke dokter apabila nyeri yang anda rasakan secara signifikan bertambah berat pada waktu-waktu tertentu atau pada posisi tertentu, seperti ketika berbaring. Peningkatan nyeri pada malam hari juga merupakan tanda-tanda bahaya.
  6. Gangguan dengan buang air besar dan buang air kecil. Jika anda mulai mengalami masalah buang air kecil atau buang air besar, gejala-gejala tersebut mungkin berkaitan dengan nyeri punggung anda. Pastikan menceritakan ke dokter tentang hal tersebut.
Pengobatan nyeri punggung tersedia dalam berbagai bentuk yang berbeda, jadi anda mempunyai bermacam-macam pilihan jenis pengobatan nyeri punggung yang bisa anda pilih.

William O. Witt, MD, mengatakan “pengobatan nyeri dari tulang belakang itu sendiri mungkin ada yang memerlukan tindakan invasive / pembedahan sebagai tindakan korektif (corrective surgery), atau barangkali hanya memerlukan perubahan pada gaya dan pola hidup dan mempengaruhi kondisi/penampilan fisik”. Ada jenis dan variasi injeksi dan implant invasive yang mungkin menguntungkan. Tentukan pilihan terbaik dengan berkonsultasi dengan dokter ahli.

Perlu diingat bahwa tidak ada alasan bagi anda membiarkannya dan menderita karena banyak macam dan jenis pengobatan berbeda yang ada untuk mengatasinya, mengobatai nyeri punggung berat/hebat. Hal penting juga untuk mendiagnosa apapun masalah kesehatan utama yang mungkin turut andil menjadi sebab nyeri/sakit punggung. Dengan semua jenis pengobatan yang tersedia, antara lain pengobatan medis/medication, pengobatan alternatif dan pelengkap medis, olahraga, therapy dan pembedahan, anda dan dokter dapat bekerja bersama-sama menentukan yang mana pengobatan yang dapat mengatasi nyeri punggung anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar