Selasa, 09 Juni 2009

Hubungan Usia Hidup Pria Dengan Usia Istri

Pasangan Tua Dan Muda
Hasil riset yang dilakukan oleh Germany’s Max Planck Institute akhir-akhir ini mengatakan bahwa seorang pria dengan istri yang jauh lebih muda dengan jarak usia antara 15 tahun – 17 tahun, mempunyai rata-rata usia hidup lebih lama dengan prosentase 15%. Dengan kata lain bahwa rata2 usia hidup pria meningkat 15% pada pria-pria yang beristri jauh lebih muda. Sedangkan untuk jarak usia 7 tahun – 9 tahun, usia rata-rata hidup meningkat 11%. Begitu juga dengan seorang pria yang menikahi wanita yang jauh lebih tua, rata-rata usia hidup mereka menjadi lebih kecil atau berkurang.

Hasil riset ini tidak berlaku bagi wanita, dimana perbedaan usia yang besar dengan suami baik usia suami lebih tua maupun lebih muda, justru menurunkan rata-rata usia hidup. Wanita dengan jarak usia 7 tahun – 9 tahun, baik lebih tua maupun lebih muda dari usia suami, rata-rata usia hidupnya berkurang 20%. Sedangkan wanita yang jarak usianya dengan usia suami sebesar 15 tahun – 17 tahun, rata-rata usia hidupnya berkurang sebesar 30%.

Sven Drefahl, juru bicara Institute menjelaskan bahwa riset ini berdasarkan data kematian pada populasi di Denmark sejak tahun 1990 sampai tahun 2005. Dari hasil riset tersebut, disimpulkan bahwa pria yang lebih sehat yang lebih menarik secara alami di mata para wanita muda tersebut sehingga pria tersebut bisa hidup lebih lama dikarenakan kualitas kesehatannya yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar