Rabu, 10 Juni 2009

Sebuah Permainan Angka-angka

Otot yang paling sulit untuk berlatih adalah otak Anda. Betul, secara teknis otak kecerdasan itu bukanlah otot, tetapi cara anda berpikir pada saat latihan olahraga acapkali sepertinya telah banyak turut andil dengan apa yang anda selesaikan seperti cara anda bergerak.

Misalnya, bahkan hanya sekedar tindakan menghitung bisa berpengaruh sangat besar bila anda melakukan sejumlah rep/repetition/satu kali gerakan penuh (suatu contoh mengangkat sebuah dumbel dari sisi bahu, bergerak ke atas kepala, dan balik lagi turun ke bahu. 1 gerakan penuh tersebut disebut 1 Repetition atau 1 rep.)

Jika Anda memulai pada 1 dan melakukan sampai jumlah 20, jumlah rep mungkin terlihat sangat besar, Anda akan merasa ketakutan, otot anda akan menyerah, dan anda tidak akan menyelesaikan apa yang sudah anda tetapkan.

Coba dihitung dari bawah (counting down), mulai dari angka 20. Pada saat Anda mendapatkan hitungan ke 5, Anda akan sadar bahwa Anda telah menyelesaikan 15 dan hanya tinggal sedikit hitungan rep. Sebagai ganti ketakutan seperti yang digambarkan diatas, dengan cara ini anda akan dikuatkan guna mendorong cara anda sampai akhir set hitungan yang sudah anda tetapkan. Hal yang sama dapat terjadi jika anda menghitung empat sampai 5 kali rep.

Carilah sebuah sistem menghitung yang anda suka, atau mencoba kombinasi beberapa cara. Ketika anda tertantang untuk melakukan semua repetition sampai akhir, bahkan sepertinya itu adalah trik-trik mental/pikiran yang lucu dapat membuat semuanya berbeda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar