Kamis, 04 Juni 2009

Terapi/Pengobatan alternatif nyeri/sakit punggung; Acupuncture, Obat herbal dan pijat

Apabila anda mengalami nyeri/sakit punggung, anda mempunyai beberapa pilihan bentuk pengobatan, termasuk pengobatan alternatif. Dokter anda mungkin memberikan saran pengobatan seperti acupuncture, herbal terapi atau pijat/massage sebagai bagian dari rencana, pilihan dan tambahan pengobatan sakit punggung. Beberapa pilihan tersebut disebut “alternative” karena pilihan yang disebutkan diatas adalah suatu alternatif untuk pengobatan tradisional (traditioanl medicine), yang secara umum pengobatan medis diartikan sebagai medication/obat-obatan, injeksi/suntik/injection dan bedah/surgery.

Banyak pasien mengatakan bahwa pengobatan alternatif bisa membantu meringankan nyeri punggung, mungkin anda juga ingin mencoba beberapa pengobatan alternatif berikut ini:

Acupuncture atau Acupressure.

Pengobatan alternatif ini dikembangkan di cina. Para praktisi Acupuncture atau Acupressure percaya bahwa kita mempunyai kekuatan energi yang disebut Chi ( juga bisa dieja dengan kata Qi, tapi kedua bentuk tersebut dinyatakan “CHEE”). Pada saat kekuatan Chi ini terblok/terhalangi, maka dalam tubuh anda dapat berkembang penyakit-penyakit fisik, seperti nyeri/sakit punggung. Oleh sebab itu, anda perlu membebaskan saluran-saluran Chi dalam tubuh anda. Acupuncture dan acupressure berfungsi mengembalikan, memperbaharui, memperbaiki kesehatan dan aliran energetic dari Chi.

Acupuncture menggunakan jarum-jarum yang sangat bagus, dan para praktisi Acupuncture memasukkan jarum-jarum tersebut kedalam titik-titik yang tepat dalam bagian meridian tubuh-tempat persisnya ditentukan oleh dimana terjadinya gejala. Jarum-jarum, tanpa kandungan obat medis, tertinggal didalam selama 20-40 menit. Penelitian menunjukkan bahwa masuknya jarum-jarum menyebabkan tubuh anda mengeluarkan bahan-bahan kimia neuron (neurochemicals) tertentu, seperti endorphins, dan hal itu membantu dalam proses penyembuhan.

Acupressure bekerja atau berfungsi hampir sama dengan prinsip kerja dan fungsi acupuncture, bedanya adalah para praktisi acupressure menggunakan ibu jari, jari-jari, dan siku-siku mereka untuk mencapai titik-titik Chi yang spesifik dalam tubuh anda.

Obat herbal.

Sebelum anda mencoba pengobatan dengan obat herbal dalam bentuk apapun, lakukan penelitian atau pengamatan dan konsultasikan dengan dokter tentang obat herbal yang anda amati. Mungkin terdapat efek-efek samping yang tidak anda perhatikan dan ketahui, suatu contoh misalnya suatu bentuk obat herbal dapat mengganggu atau bertentangan dengan obat-obat yang anda konsumsi dari resep dokter.

Beberapa pengobatan herbal yang mungkin bisa anda coba dan pertimbangkan untuk penyembuhan nyeri/sakit punggung antara lain:
  1. Krim/ Cream Capsaicin:

  2. Capsaicin adalah terbuar dari lada/merica-cabe yang mana panas, dan dapat juga untuk mengurangi nyeri. Obat herbal ini hanya mengurangi nyeri secara temporer, sehingga anda perlu selalu menggunakannya kembali saat dibutuhkan, mungkin bisa 4-5 kali penggunaan tiap harinya. Mungkin memerlukan waktu beberapa minggu bagi penderita untuk merasakan efek pengurangan nyeri yang signifikan dari obat herbal capsaicin cream, jadi hanya karena obat ini tidak segera bekerja, jangan menyerah untuk menggunakannya.

  3. Devil's Claw

  4. Devil's Claw berasal dari afrika utara, dimana obat ini telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati demam, arthritis, dan gangguan gastrointestinal atau saluran pencernaan. Saat ini, Devil's Claw digunakan untuk kondisi-kondisi yang menyebabkan inflamasi/peradangan dan nyeri, seperti osteoarthritis. Anda dapat meminum obat ini dalam bentuk kapsul.

  5. White Willow Bark

  6. Di eropa White willow menjadi pemrakarsa berkembangnya aspirin. Apabila anda tidak ingin meminumnya dalam bentuk synthetic (aspirin dapat mengiritasi perut), gunakan bentuk White Willow Bark. White Willow Bark digunakan pada kondisi-kondisi yang menyebabkan nyeri atau inflamasi, seperti osteoarthritis. Obat herbal ini dapat juga mengurangi nyeri pada sakit punggung akut.
Pijat

Sebuah survey pada awal tahun 2008 di Spine University menunjukkan bahwa pasien-pasien nyeri/sakit punggung merasa sangat puas dengan pijat/massage sebagai suatu pilihan pengobatan nyeri punggung (rating kepuasan pasien tertinggi kedua). Dengan mempertimbangkan bahwa banyak kasus nyeri punggung yang disebabkan karena terlalu banyak beban dan ketegangan otot, massage/pijat merupakan kabat yang baik dan pilihan pengobatan yang bermanfaat. Pijat dapat membantu membebaskan ketegangan/kekauan otot dan mengurangi inflamasi otot dan nyeri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar