Minggu, 14 Juni 2009

Tips olahraga Bagi Penderita Arthritis

Arthritis adalah musuh terbesar bagi lutut kita. Disebabkan karena cedera, penyakit, atau hanya karena masalah usia/penuaan, arthritis menyebabkan nyeri dan kerusakan sendi yang dapat mengarah menjadi penggantian lutut dan panggul. Arthritis merupakan salah satu penyebab kecacatan kronik di amerika serikat dan ada sekitar 40 juta warga amerika yang mengidap arthritis. Ada 3 tipe dasar arthritis yang bisa menyebabkan nyeri pada panggul dan lutut yaitu: osteoarthritis dan inflamatory arthritis (arthritis karena peradangan/infeksi-pada umumnya adalah reumathoid arthritis), dan traumatic arthritis atau arthritis karena cedera.

Karena rasa nyeri, biasanya penderita mengalami kesulitan dalam pergerakan dan enggan melakukan aktifitas olahraga. Berikut ini beberapa tip sehat bagi penderita arthritis dalam berolahraga. Antara lain:
  1. Jika Anda belum pernah latihan olahraga, bicarakan dan konsultasikan dengan dokter anda sebelum memulainya.
  2. Sebagai permulaan, cari dan dapatkan advis atau saran dari seorang dokter, ahli terapi fisik atau pelatih pribadi yang mengenal baik kondisi tubuh anda.
  3. Sertakan gerakan yang meliputi dan mencakup, memperkuat, dan aktifitas aerobik dalam program kegiatan anda.
  4. Gunakan kompres panas pada sendi-sendi yang sakit sebelum latihan/berolahraga atau setelah mandi air hangat.
  5. Lakukan Pemanasan dengan latihan peregangan ringan sebelum dan sesudah berolahraga.
  6. Secara bertahap menambahkan latihan kekuatan/daya tahan, dengan menggunakan beban penahan dengan berat antara 1-2 pound atau sekitar 0,5-1 kg. Pastikan melakukan latihan penguatan otot dan tulang dengan didampingi instruktur atau pelatih ahli atau dokter.
  7. Tambahkan aktivitas aerobik, seperti berjalan kaki, berenang, dan bersepeda statis.
  8. Tingkatkan secara perlahan..
  9. Gunakan kompres dingin dengan bantuan hot and cold pack (kantung kompres panas dingin) setelah latihan, apabila hal ini bisa membantu.
  10. Kurangi jika sendi-sendi anda meradang, sakit, atau merah. Berkonsultasi dengan dokter dan bersama-sama dengan beliau mencari tahu dan menghilangkan faktor-faktor yang menjadi penyebab timbulnya rasa sakit/nyeri.
  11. Dengarkan tubuh Anda. Jangan pernah memaksakan suatu gerakan jika anda mengalami sakit yang jelas dan tajam atau ketidaknyamanan yang lebih dari biasanya pada sendi anda.
Sumber: Harvard Health Publications Special Health Report

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar