Sabtu, 13 Juni 2009

Tips Sehat Berolahraga Bagi Penderita Penyakit Jantung

Dengan persetujuan dokter, anda sebaiknya bisa mengikuti secara rutin uraian di bawah ini bahkan apabila anda memiliki penyakit kardio vaskuler/cardiovascular/jantung dan pembuluh darah ringan. Berikut uraian yang bisa dan sebaiknya anda lakukan. Tetap sehat dengan olahraga rutin dan gaya hidup sehat.
  1. Tetapkan sebuah tujuan setidaknya 30 menit (dan sampai 60 menit) olahraga aerobik intensitas ringan sampai sedang (seperti berjalan, bersepeda, dan lainnya) 3 hingga 5 hari dalam satu pekan.

  2. Tambahkan dalam aktifitas harian anda (seperti berkebun, menaiki tangga manual, pekerjaan rumah tangga, dan lain sejenisnya) untuk mencapai aktifitas maksimum 5 sampai 6 jam setiap minggu.

  3. Setelah dua sampai empat minggu dengan program olahraga aerobik, mulailah menambahkan latihan olahraga daya tahan/olahraga beban (resistance). Mulai dengan satu set tunggal 8-15 rep/repetition dari 8-10 latihan yang berbeda dengan mengggunakan beban yang ringan. Lakukan ini secara rutin dua sampai tiga kali seminggu. Pada penderita yang lebih muda, dan lebih sehat bisa melakukan 8-12 repetitions dengan tingkat resistance yang lebih tinggi. Orang tua harus tetap dengan beban yang lebih ringan, tetapi dengan melakukan 10/15 repetition pada setiap latihan.

  4. Catatan: Rep atau repetition adalah satu gerakan penuh atau disebut 1 rep/repetition. Sebagai contoh mengangkat sebuah dumbel dari sisi bahu, bergerak ke atas kepala, dan balik lagi turun ke bahu. Satu gerakan penuh tersebut disebut 1 Repetition atau 1 rep.

  5. Sebuah ciri khas rutin sebaiknya menargetkan kelompok-kelompok otot utama anda. Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan pelatih pribadi yang betul-betul mengenal baik kondisi tubuh anda.
Sumber: Harvard Health Publications Special Health Report

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar