Jumat, 03 Juli 2009

Olahraga: Tai Chi dan Qi Gong- Apa, Kegunaan, Amankah Bagi Anda?

Tai chi dan Qi Gong ( di eja Chee goong ) adalah gerakan olahraga tradisional cina. Tai chi dan qi gong berdasar pada dua pemikiran:
  1. Energi, disebut qi aatau chi, mengalir melalui tubuh serta jalur-jalur kecil lalu lintas energi yang disebut dengan bagian meridian tubuh (jaringan jalur qi/chi yang tersebar di seluruh tubuh). Apabila aliran chi tertutup (blocked) atau tidak seimbang pada titik-titik dari jalur jaringan jalur energi, secara penalaran hal ini bisa menyebabkan anda sakit. Lakukanlah tai chi dan qi gong untuk meningkatkan aliran energi (chi atau qi) dan memperbaki atau meningkatkan kesehatan melalui gerakan-gerakan yang lemah lembut, luwes dan berulang-ulang.
  2. Nature/alam, mencakup tubuh, terdiri dari mendorong kekuatan yang disebut yin dan yang. Menghasilkan kesehatan yang baik ketika dorongan tersebut seimbang. Lakukan gerakan tai chi dan qi gong dalam suatu usaha untuk membantu tubuh dalam mengembalikan keseimbangan yin dan yang tubuh.
Tai chi adalah serangkaian gerakan-gerakan yang salah satunya dilakukan dengan sangat pelan atau cepat untuk membantu perpindahan chi yang dimiliki tubuh. Orang-orang menggunakan tai chi sebagai sebuah cara untuk memadukan meditasi dan gerakan serta untuk meningkatkan dan menjaga atau mempertahankan kesehatan.

Qi gong meliputi gerakan-gerakan yang berbeda yang bisa dilakukan dalam urutan-urutan yang berbeda. Beberapa gerakan-gerakan qi gong yang umum meliputi menurunkan dan menaikkan lengan tangan, menggerakkan kepala dari satu sisi ke sisi, dan secara perlahan dan lemah lembut menggosok telinga/kuping, kaki dan tangan.

Apa kegunaan tai chi dan qi gong?

Orang-orang dapat menggunakan tai chi dan qi gong untuk meningkatkan atau memperbaiki posture, keseimbangan, koordinasi, daya tahan/ketahanan fisik, dan fleksibilitas serta mempertahankan kesehatan dan kualitas hidup. Sebuah study penelitian menemukan bahwa tai chi mendorong/menaikkan/meningkatkan immunity atau kekebalan tubuh dan ketahanan terhadap “singles virus” pada usia yang lebih tua di kemudian hari.

Apakah tai chi dan qi gong aman bagi anda?

Seperti halnya aktifitas fisik lain, orang-orang yang melakukan tai chi atau qi gong mungkin mengalami ketegangan, kejang atau keseleo pada otot. Peregangan ringan sebelum melakukan sesi latihan tai chi atau qi gong dapat mencegah potensi cedera yang kebanyakan sering terjadi.

Pada kebanyakan kasus, anda dapat dengan aman menggunakan tai chi atau qi gong berdampingan dengan pengobatan medis konvensional.

Selalu beritahukan kepada dokter anda apabila anda menggunakan therapy alternatif atau apabila anda bermaksud memadukan terapi alternatif dengan pengobatan medis konvensional. Hal ini mungkin tidak aman bagi anda untuk menjauhi pengobatan medis konvensional dan hanya mengandalkan therapi alternatif.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar