Jumat, 03 Juli 2009

Jantung Sehat Menghindari Serangan Jantung Dan Tubuh Tetap Sehat

Jantung Sehat Menghindari Serangan Jantung Dan Tubuh Tetap Sehat
Jantung adalah sebuah organ yang terdiri dari otot-otot yang memompa darah ke seluruh tubuh. Dalam suatu serangan jantung (myocardial infarction), bagian dari otot jantung akan mati ketika tidak mendapatkan suplai darah. Untuk tetap sehat, jantung membutuhkan oksigen dan nutrisi lain yang dibawa oleh darah. Ini didapatkan melalui arteria (pembuluh darah) koroner, yang membungkus bagian luar dari organ jantung.

Jantung merupakan organ yang sangat penting bagi manusia, karena jantung diperlukan untuk memompa darah ke seluruh tubuh sehingga tubuh mendapatkan cukup pasokan oksigen dan sari makanan yang diperlukan untuk proses metabolisme tubuh. Karena itu, jantung perlu dijaga agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Salah satu yang perlu dihindari adalah penyakit jantung koroner yang merupakan salah satu penyakit yang berbahaya yang bisa menyebabkan serangan jantung dan kematian. Untuk melakukannya, kita perlu mengetahui bagaimana caranya agar jantung kita tetap sehat, apa yang harus dihindari dan apa yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung.

Setiap tahun, jutaan orang di seluas dunia mengalami serangan jantung dan banyak diantaranya tidak tertolong. Tidak semua serangan jantung mengakibatkan kematian. Namun umumnya setiap pasien yang pernah mengalami serangan jantung menderita beberapa dampak lanjutannya, sedangkan sisanya tidak tertolong lagi.

Melihat berharganya organ jantung untuk kelangsungan hidup kita, maka kita sebaiknya perbaiki gaya hidup kita agar jantung dan tubuh tetap sehat. Mulailah menikmati makanan yang sehat, bergizi dan rendah kolesterol. Hindari merokok dan stress, serta berolahraga secara teratur. Mulailah melakukan gaya hidup yang sehat sejak hari ini dan detik ini untuk menyayangi jantung anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar