Jumat, 10 Juli 2009

Tips Pencegahan Stroke

Cara terbaik mencegah stroke adalah dengan mengurangi faktor-faktor resiko anda dan ambil alih kendali kesehatan anda sendiri. Berikut beberapa tips pencegahan stroke:
  1. Apabila anda merokok, hentikan kebiasaan dan gaya hidup seperti ini. Banyak sekali tersedia program-program yang tepat guna menghentikan kebiasaan merokok, dokter juga dapat memberikan saran-saran kepada anda mengenai perangkat dan alat yang bisa anda gunakan, seperti nicotine patch ataupun olahraga dan beberapa moifikasi perilaku yang lain.
  2. Pertahankan berat badan anda dalam batasan-batasan normal.
  3. Lakukanlah olahraga ringan hingga sedang, lebih disarankan 5 hari dalam satu minggu.
  4. Kebiasan makan dan diet sehat yaitu kaya akan buah-buahan dan sayuran. Sayur hijau bedaun lebat sangat penting demikian juga biji-bijian utuh (seperti padi, gandum), kacang-kacangan (khususnya walnut), dan ikan.
  5. Apabila anda mempunyai penyakit jantung atau ritme jantung yang tidak normal, konsultasikan dengan dokter untuk mengobatinya. Beberapa jenis gangguan pada jantung dan pembuluh darah, seperti atherosclerosis dan atrial fibrillation (fibrilasi atrial- merupakan gangguan irama teratur atau ritme listik jantung yang berdampak mengganggu atrial. Karena gangguan listrik ini menyebabkan kontraksi otot-otot jantung sehingga tidak beraturan dan memompa darah secara tidak efisien. Akibatnya, atrium jantung tidak sepenuhnya mengosongkan darah menuju ke serambi (ventrikel)) bisa menyebabkan terbentuknya gumpalan. Gumpalan ini dapat berjalan melalui aliran darah ke seluruh tubuh dan bisa menutup arteri di dalam otak, menyebabkan stroke (atau dapat menutup pembuluh darah di dalam jantung dan menyebabkan serangan jantung (heart attack).
  6. Jika anda memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi), konsultasi dengan dokter dan minum obat yang diresepkan dokter secara teratur.
  7. Turunkan kadar kolesterol anda jika kolesterol anda tinggi. Beberapa orang sukses melakukannya dengan memodofikasi diet, dan adapula yang memerlukan pengobatan medis untuk menurunkannya. Menurunkan kadar kolesterol telah terbukti mengurangi resiko stroke.
  8. Apabila anda mempunyai diabetes (kencing manis), pertahankan tetap dalam kontrol dan pertahankan kadar gula dalam keadaan normal.
  9. Ketahui dan pahami tanda-tanda peringatan stroke dan TIAs (Transient Ischemic Attack), dan dapatkan bantuan secepatnya jika anda mengalaminya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar