Minggu, 16 Agustus 2009

Minyak Yang Sehat Dalam Memasak

Yang manakah minyak makanan, yang terbaik untuk mengurangi kolesterol, penurunan berat badan dan menyehatkan? Memasak Minyak yang sehat??
  1. Lemak adalah makanan berkalori tinggi. Ada 9 kalori dalam setiap satu gram lemak.
  2. Lemak atau fat mengandung lebih dari 2 kali jumlah kalori dalam protein atau karbohidrat.
  3. Dari satu sudut pandang soal penurunan berat badan, semua lemak sama-sama buruk (berisi kalori yang sama). Semua minyak sayur berisi 100% lemak. Setiap satu sendok makan minyak sayur berisi 14 gram lemak dan 125 kalori.
  4. Pilihlah minyak-minyak jenis sayur mentah yang cold-pressed (minyak yang memiliki kandungan gizi paling tinggi) seperti minyak wijen, minyak bunga matahari atau minyak safflower untuk bumbu campuran.
  5. Gunakanlah minyak zaitun murni sebagai minyak exstra ketika memasak.
  6. Hindari memanaskan minyak hinggi temperatu/suhu tinggi, diluat titik asapnya.
  7. Kurangi atau minimalisir penggunaan atau pemakaian minyak-minyak yang kaya atau tinggi akan minyak jenuh. (SATURATED FAT).
  8. Hindari minyak yg diproses dengan temperatur tinggi, sehingga kadar asam lemak lebih banyak dari jumlah normal (yang disebut dengan trans fat), suatu sumber trans fat yang merugikan kesehatan kita (disebut dengan hydrogenated oils). Gunakan margarin unhydrogenated.
  9. Hindari kelapa dan kelapa sawit.
  10. Yang terbaik adalah mengurangi intake atau konsumsi makanan tinggi lemak, makanan-makanan yang penuh kalori seperti mentega (80 % mengandung lemak), mayonaise (75-80 persen mengandung lemak) dan minyak kelapa ( 100 % lemak).
  11. Untuk kesehatan yang lebih baik, pilihlah minyak atau lemak yang rendah akan kandungan minyak jenuh.
  12. Simpanlah minyak anda pada tempat yang kedap udara di tempat yang gelap dan jauh dari cahaya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar