Minggu, 13 September 2009

Ikan Sehat

Ikan pada umumnya mengandung asam lemak omega-3 (Omega-3 fatty acids) dalam jumlah atau kadar yang tinggi. Omega-3s adalah penting dan diperlukan bagi kesehatan fisik dan mental yang optimal. Berdasar pada berbagai hasil peelitian, asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi resiko dan gejala berbagai penyakit, dan dapat menurunkan kadar triglyceride dalam darah, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL cholesterol), membantu meminimalkan inflamasi dan penggumpalan darah, serta menjaga kesehatan pembuluh darah.

Berikut beberapa pilihan terbaik ikan sehat
  1. Wild-caught salmon dari alaska.
  2. Canned sockeye salmon.
  3. Ikan sarden
  4. Ikan herring
  5. Black cod
Meskipun demikian, tidak semua ikan memberikan manfaat atau keuntungan yang sama, dan beberapa spesies ikan sebaiknya dibatasi atau bahkan dihindari penggunaannya.

Batasi konsumsi jenis ikan berikut ini:
  1. Ikan pemangsa besar. Ikan hiu, ikan todak (swordfish), king mackerel (sejenis ikan air tawar spesies Atlantic) dan ikan tuna putih yang mana mereka mengandung kadar air raksa (mercury) yang tinggi.
  2. Farm-raised tilapia, ikan ini kaya akan asam arachnoid dan menjadi salah satu ikan paling tinggi dikonsumsi di amerika, mengandung sedikit sekali omega-3s dan sangat tinggi kadar-kadar yang berpotensi merugikan asam lemak omega-8 yang pro inflamatory (pro inflamasi).
  3. Farmed salmon, sering disebut ikan salmon atlantik. Pada umumnya dijual di supermarket-spermarket, restaurant dan pasar ikan. Walaupun harganya sedikit mahal dari ikan wild salmon, farmed salmon lebih rendah kandungannya akan omega-3s dan mungkin mengandung sisa-sisa antibiotik dan obat-obat lain yang digunakan untuk mengobati penyakit-penyakit pada pertanian ikan todak.
Memang benar bahwa ikan itu sehat, tapi anda perlu mengetahui yang manakah yang terbaik dan yang manakah yang perlu anda hindari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar