Senin, 14 Desember 2009

Facebook Baik Untuk Kesehatan

Facebook
Facebook adalah situs web jejaring sosial yang memiliki jumlah anggota paling banyak di dunia. Bahkan dari semua website yang ada di internet, Facebook menduduki peringkat 2 di bawah Google sebagai website yang paling sering dikunjungi.

Di Indonesia sendiri, jumlah member Facebook mencapai angka 11 juta yang merupakan negara peringkat ke-7 jumlah member terbanyak dari seluruh negara di dunia; yang jumlah totalnya mencapai 325 juta member (data November 2009). Sehingga beberapa waktu yang lalu, banyak pro dan kontra tentang keberadaan Facebook di dunia maya.

Bagi dunia kesehatan sendiri, Facebook ternyata memberikan dampak yang positif bagi tubuh, diantaranya :

1. Menghilangkan Stress.

Ahli kesehatan telah lama mengatakan bahwa banyak cara untuk menghilangkan stress, salah satunya bertemu dengan teman (silaturrahim). Dan Facebook memberikan sarana untuk itu, dimana di dalam Facebook kita bisa berkomunikasi dengan teman-teman kita meskipun teman kita berada jauh dari tempat kita tinggal.

2. Kita Merasa Tidak Seorang Diri.

Ketika kita sedang menjalani hari-hari yang melelahkan, penuh tekanan, membosankan, atau ketika kita sedang bersedih; kemudian kita lihat teman-teman kita di Facebook juga mengalami hal yang sama, kita merasa bahwa kita tidak seorang diri yang sedang bersedih. Bahkan kadang kita lihat teman-teman kita memiliki permasalahan yang lebih rumit dari permasalahan kita.

3. Menyenangkan.

Pernahkah kita membayangkan dalam satu kesempatan kita bertemu dengan teman-teman kita mulai dari kita kecil sampai sekarang? Tentu sangat menyenangkan bisa bertemu dan bercanda dengan mereka. Tapi bisakah hal itu terwujud di dunia nyata? Pasti susah, atau bahkan tidak mungkin, tapi dengan Facebook hal tersebut jadi mungkin meskipun hanya di dunia maya.

4. Bisa Tertawa.

Survey yang pernah dilakukan dengan pertanyaan "Apa yang membuat anda menyukai Facebook?", memiliki jawaban tertinggi "bisa tertawa". Membaca status teman-teman kita di Facebook memang kadang membuat kita geli dan tertawa, dan perlu kita tahu bahwa tertawa bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Suasana Positif.

Apapun status yang kita buat di Facebook, hanya ada pilihan tombol Thumbs-Up (jempol ke atas) dan tidak pernah ada tombol Thumbs-Down (jempol ke bawah). Hal ini menunjukkan bahwa Facebook berusaha untuk menciptakan suasana positif yang saling mendukung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar