Kamis, 31 Desember 2009

Tanda dan Gejala Peringatan Serangan Jantung (Warning Sign)

Beberapa serangan jantung yang tiba-tiba dan sangat hebat yang mana tidak ada seorang pun menyangsikan apa yang terjadi. Namun, sebagian besar serangan jantung dimulai secara perlahan-lahan, dengan sakit ringan atau rasa ketidaknyamanan. Sering kali mereka yang terkena tidak yakin apa yang salah dan menunggu terlalu lama sebelum mencari dan mendapatkan bantuan. Berikut ini adalah tanda-tanda yang dapat berarti terjadinya serangan jantung:

Ketidaknyamanan pada dada (Chest discomfort)
Sebagian besar serangan jantung berhubungan dengan rasa tidak nyaman pada dada bagian tengah yang berlangsung lebih dari beberapa menit, atau rasa ketidaknyamanan pada dada yang hilang dan datang kembali. Dapat terasa seperti tekanan yang tidak nyaman, direas-remas, seperti penuh atau sakit.

Ketidaknyamanan pada daerah lain dari tubuh bagian atas.

Gejala-gejalanya antara lain rasa sakit atau ketidaknyamanan pada satu atau kedua lengan, punggung, leher, rahang atau perut.

Sesak napas dengan atau tanpa rasa sakit/ketidaknyamanan pada dada.

Tanda-tanda lain mungkin diantaranya keluar keringat dingin, mual atau sakit kepala/pusing/pening.

Seperti halnya pria, pada wanita gejala yang paling umum dari serangan jantung adalah nyeri atau ketidaknyamanan pada dada. Tetapi perempuan agak lebih mungkin daripada laki-laki untuk mengalami beberapa gejala umum lainnya, terutama sesak napas, mual / muntah, dan nyeri punggung atau rahang.

Pelajari dan kenali tanda- tandanya, tapi ingatlah hal berikut: Bahkan jika Anda tidak yakin itu adalah tanda dan gejala dari serangan jantung, sebaiknya harus anda periksakan ke dokter (menceritakannya kepada dokter tentang gejala-gejala yang anda alami). Tiap detik dan menit sangat berharga! Tindakan cepat dapat menyelamatkan nyawa - mungkin diri anda sendiri atau orang lain. Jangan menunggu lebih dari lima menit untuk untuk mendapatkan pertolongan oleh ahlinya. Beberapa ruah sakit biasanya enyediakan noer telpon darurat untuk pertolongan segera, maka dari itu tidak salah untuk menyimpan nomer tersebut.

Di amerika serikat terdapat unit yang dinamakan Emergency medical services (EMS) staff dengan nomere emergency darurat 9-1-1. Mereka menyediakan staff pelayanan medis kedaruratan yang melayani dengan cara yang tercepat untuk memberikan pengobatan penyelamatan nyawa seseorang.

Para EMS juga dilatih untuk menghidupkan kembali jantung seseorang yang telah berhenti bekerja. Pasien dengan nyeri dada yang tiba di rumah sakit dengan ambulans biasanya lebih cepat menerima pertolongan perawatan. Yang terbaik adalah memanggil bantuan unit pelayanan medis darurat seperti EMS untuk transportasi lebih cepat ke ruang gawat darurat. Seakin cepat semakin baik, dan tiap menit selalu berharga bagi keselamatan jiwa penderita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar