Rabu, 06 Januari 2010

Gangguan Saraf Optik

DEFINISI
Photoreceptor kecil pada retina (permukaan bagian dalam di belakang mata) merasakan cahaya dan mengirimkan sinyal kepada saraf mata. Saraf mata membawa sinyal menuju otak. Masalah dimanapun sepanjang saraf mata atau kerusakan pada daerah di belakang otak yang merasakan informasi penglihatan bisa menghasilkan kehilangan pada penglihatan. Penyebab umum kerusakan saraf mata adalah tumor pada kelenjar pituitary yang menekan pada saraf tersebut.

Kedua saraf mata membawa sinyal dari mata menuju bagian belakang otak. Pada struktur di otak disebut optic chiasm, setiap saraf membelah, dan separuhnya serat yang melintang di atas sisi lainnya. Karena susunan anatomi ini, kerusakan sepanjang saluran saraf mata menyebabkan pola khusus pada kehilangan penglihatan. Dengan memahami pola pada penglihatan yang hilang, seorang dokter bisa seringkali memastikan saluran mana yang bermasalah.

Penelusuran Alur Visual


Sinyal saraf berjalan sepanjang saraf mata dari tiap-tiap mata. Kedua saraf mata bertemu pada chiasm mata. Disana, saraf mata dari setiap mata membelah, dan separuh serat saraf dari masing-masing sisi melintang ke sisi lainnya. Karena susunan ini, otak menerima informasi melalui kedua saraf mata untuk bidang penglihatan sebelah kiri dan untuk bidang penglihatan sebelah kanan.

Beberapa pola pada kehilangan penglihatan.

Tergantung di daerah mana kerusakan jalur penglihatan terjadi, jenis kehilangan penglihatan bervariasi.

Misalnya, jika saraf mata rusak dimanapun di antara bola mata dan chiasm mata, orang tersebut bisa menjadi buta hanya karena mata tersebut. Jika chiasm mata rusak, kedua mata kehilangan penglihatan-mata sebelah kanan kehilangan penglihatan pada bagian sebelah kanan pada bidang penglihatan itu, dan mata sebelah kiri kehilangan penglihtan di bagian sebelah kiri pada bidang penglihatan.

Pada hemianopia, kerusakan lebih jauh pada jalur syaraf optik (yang sering diakibatkan oleh stroke atau penyakit tumor) masih menghasilkan pola lain pada kehilangan penglihatan. Separuh bidang visual di kedua mata terkena. Misalnya, dengan kerusakan di sebelah kiri bagian otak, kedua mata kehilangan setengah bagian kanan bidang visual mereka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar