Rabu, 06 Januari 2010

Optic Neuritis

DEFINISI
Optic neuritis adalah peradangan pada saraf optik dimanapun sepanjang lintasannya.


PENYEBAB
Optic neuritis kemungkinan disebabkan oleh infeksi virus (khususnya pada anak), vaksinasi, meningitis, sifilis, penyakit autoimmun tertentu seperti multiple sclerosis, dan peradangan intraocular (uveitis). Meskipun begitu, penyebab optic neuritis seringkali tidak diketahui.


GEJALA
Optic neuritis menyebabkan kehilangan penglihatan, yang kemungkinan ringan atau berat dan bisa terjadi pada salah satu atau kedua mata. Kehilangan penglihatan bisa terjadi lebih dari sehari. Penglihatan pada mata yang berkaitan atau mata bisa berkisar dari hampir normal sampai benar-benar buta. Kemungkinan terasa sakit dengan gerakan mata. Tergantung pada penyebabnya, penglihatan bisa sembuh hanya kemudian memburuk pada peristiwa berulang pada penglihatan yang buruk.


DIAGNOSA
Diagnosa meliputi penelitian pada reaksi pupil dan penelitian bagian belakang mata dengan ophthalmoscope, piringan optik (kepala saraf optik pada bagian belakang mata) bisa tampak membengkak. Tes penglihatan peripheral bisa memperlihatkan kehilangan penglihatan pada keliling bagian visual (samping). Magnetic resonance imaging (MRI) bisa menunjukkan bukti multiple sceloris atau, jarang, tumor menekan saraf optik.


PENGOBATAN
Kebanyakan kasus optic neuritis akan membaik dalam beberapa bulan tanpa pengobatan. Meskipun begitu, pada beberapa hal, pengobatan dengan infus kortikosteroid dan obat-obatan lain bisa mempercepat penyembuhan dan mengurangi kemungkinan kambuh. Jika sebuah tumor menekan saraf optic, penglihatan biasanya membaik begitu tekanan yang disebabkan oleh tumor telah dihilangkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar